Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan di Kafe Surabaya, Satu Orang Luka Bakar Serius

Kompas.com - 17/08/2023, 16:13 WIB
Andhi Dwi Setiawan,
Reni Susanti

Tim Redaksi


SURABAYA, KOMPAS.com - Sebuah kafe di Surabaya hancur usai mengalami ledakan, Kamis (17/8/2023). Akibatnya, satu orang karyawan mengalami luka bakar serius dan dilarikan ke rumah sakit.

Kabid Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Surabaya, Buyung Hidayat Rachman mengatakan, ledakan di kafe Jalan Imam Bonjol, Tegalsari tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 WIB.

"Keterangan korban, saat hendak membuka kafe, tiba-tiba terjadi ledakan di ruangan dapur kafe," kata Buyung, ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Baca juga: Kebakaran di Pelabuhan Jongor Tegal, HNSI Jawa Tengah Sebut Rata-rata Kerugian Setiap Kapal Rp 4 Miliar

Bahkan, ledakan yang diduga berasal dari LPG 25 kilogram tersebut, menghancurkan setengah bagunan. Suaranya juga didengar warga di luar kafe.

"Indikasi ada kebocoran gas yang memicu terjadinya ledakan. Tidak ada timbulnya api dalam kejadian ini, hanya letupan gas di ruangan," jelasnya.

Baca juga: Kota Yogyakarta Catat 5 Kebakaran Lahan, Dipicu dari Pembakaran Sampah

Usai terdengar ledakan, tiga karyawan kafe, ZVK (23), CAD (23), dan TQ (25), keluar dari bangunan. Salah satu di antara mereka mengalami luka bakar serius.

"Korban tiga karyawan kafe. (Korban) TQ mengalami luka bakar serius 70 persen, dan dua korban perempuan syok dan lecet," ujar dia.

Para karyawan yang masih panik tersebut kemudian meminta bantuan kepada warga sekitar. Akhirnya, salah satu orang melaporkan peristiwa ledakan itu ke Command Center.

"Korban mendapatkan penanganan awal oleh PMI dibantu BPBD. Satu korban dirujuk ke RSUD Dr Soetomo menggunakan ambulans PMI didampingi rekan kerjanya," ucapnya.

Buyung mengungkapkan, Polsek Tegalsari masih menyelidiki penyebab ledakan di kafe. Selain itu, pemilik tempat usaha juga telah dimintai keteranganya terkait peristiwa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com