Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Penyintas Erupsi Semeru Tidak Kebagian Huntap, Ini Kata Bupati Lumajang

Kompas.com - 09/06/2022, 21:15 WIB
Miftahul Huda,
Andi Hartik

Tim Redaksi

LUMAJANG, KOMPAS.com - Bupati Lumajang Thoriqul Haq berjanji akan memberikan hak yang sama kepada seluruh penyintas erupsi Semeru. Termasuk, hak mendapatkan hunian yang layak di kompleks relokasi Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"Saya pastikan, saya jamin semua warga terdampak erupsi Gunung Semeru akan mendapatkan perhatian yang sama dari pemerintah," kata Thoriq di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Kamis (9/6/2022).

Baca juga: Beredar Surat Pemindahan Pengungsi Semeru Jelang Kunjungan Wapres, Ini Penjelasan Dinsos Lumajang

Sebelumnya diberitakan, masih ada 21 kepala keluarga (KK) yang luput dari data yang dihimpun Dinas Sosial Kabupaten Lumajang.

Thoriq mengakui dalam proses pendataan memang ada beberapa warganya yang tidak masuk dalam data. Menurutnya, hal ini disebabkan saat dilakukan proses verifikasi ulang, terdapat data yang tidak ditemukan orangnya.

Baca juga: Emil Dardak Targetkan Huntap Pengungsi Semeru Rampung 11 Juni

Hunian tetap (huntap) untuk korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.Dok. Kementerian PUPR Hunian tetap (huntap) untuk korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
"Ada juga yang begitu lihat tempat relokasi kok bagus langsung pecah KK, tapi ada juga yang memang masih belum terdata," tambahnya.

Lebih lanjut, Thoriq mengatakan akan menambah bangunan jika 1.951 hunian yang tersedia di Sumbermujur ternyata belum bisa menampung semua korban terdampak erupsi Semeru.

Rencananya, pembiayaan itu akan diambil dari hasil donasi yang telah masuk ke Baznas.

"Saya pastikan saya jamin kita akan tambah rumah jika ditemukan ada warga terdampak yang belum masuk data dengan pembiayaan dari anggaran yang sudah masuk ke Baznas," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com