Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Rumah di Situbondo Terbakar, Kerugian Mencapai Rp 300 Juta

Kompas.com - 29/02/2024, 20:56 WIB
Ridho Abdullah Akbar,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kebakaran melanda dua rumah milik warga di Desa Bayaman, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur pada Kamis (29/2/2024) sore. Dalam peristiwa tersebut kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Kalaksana BPBD Situbondo Sruwi Hartanto menyatakan kebakaran menimpa dua rumah milik keluarga Mulyadi (45) dan Suwitno (48). Kedua rumah berdempetan sehingga api dengan cepat menyebar.

Baca juga: Acara Pernikahan di Banyuwangi Nyaris Batal akibat Kebakaran

"Dugaan sementara kebakaran akibat korsleting listrik," katanya, Kamis (29/2/2024).

Dia juga menyatakan api bisa membesar dan sulit tertangani karena kondisi rumah saat itu sedang kosong. Pemilik rumah diketahui sedang menghadiri resepsi pernikahan.

"Orang yang pertama kali melihat api yakni Pak Suliyanto yang rumahnya berjarak 500 meter, saat itu dia langsung meminta tolong warga lainnya," katanya.

Para warga yang mengetahui secara gotong royong memadamkan api. Dua unit mobil pemadam kebakaran datang dan langsung berjibaku memadamkan api di dua rumah yang terbakar tersebut.

Baca juga: Balai Kota Bandung Kebakaran, Ruang ATCS Mengeluarkan Asap

"Api bisa dipadamkan setelah magrib, total proses pemadaman selama dua jam," ucapnya.

Kedua rumah yang terdampak kebakaran mengalami kerusakan berat. Masing-masing rumah mengalami kerugian Rp 150 juta sehingga total kerugian mencapai Rp 300 juta.

"Kami juga melakukan pengkajian setelah peristiwa dan kami dalam waktu ke depan akan melakukan penyaluran bantuan logistik," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com