Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Labfor Polda Jatim Bawa Kabel dan Arang dari Lokasi Kebakaran Mal Malang Plaza

Kompas.com - 04/05/2023, 14:28 WIB
Nugraha Perdana,
Andi Hartik

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur kembali mendatangi lokasi kebakaran Mal Malang Plaza di Kota Malang, Jawa Timur, pada Kamis (4/5/2023).

Tim menyisir lokasi kebakaran itu mulai sekitar pukul 10.00 WIB hingga 11.30 WIB.

Kasubdit Fiskom Bidlabfor Polda Jatim, Kombes Pol Joko Siswanto mengatakan, petugas membawa beberapa barang dari lokasi kejadian. Di antaranya, kabel-kabel dan arang yang nantinya akan dilakukan uji laboratorium.

"Ada arang abu, ada kabel, kabelnya sendiri nanti diuji dengan untuk zem-nya bisa ketahuan nanti terbakar dari luar atau dalam. Baru bisa kami simpulkan nanti," kata Joko.

Baca juga: Titik Api Sempat Kembali Muncul di Lokasi Kebakaran Mal Malang Plaza

Untuk hasil uji laboratorium membutuhkan waktu antara satu minggu hingga 10 hari.

"Arang dan abu yang kami bawa perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk arsen-nya. Nanti diperiksa menggunakan alat GC-MS (Gas Chromatography-Mass Spectrometry) untuk mengetahui bahan-bahan yang mudah terbakar," katanya.

Karena itu, pihaknya belum berani menyampaikan hasil sementara penyebab kebakaran di pusat perbelanjaan yang berdiri sejak 1985 itu. Pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium untuk memastikan sumber api dan penyebab kebakaran.

"Kami enggak berani, karena harus melakukan uji di lab, ada barang-barang yang diduga sebagai penyebab, tapi akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di lab. Untuk menduga-duga saya enggak berani," kata Joko.

Baca juga: Lokasi Kebakaran Mal Malang Plaza Masih Panas, Tim Labfor Polda Jatim Kesulitan Olah TKP

Menurut Joko, pihaknya telah menyusuri area gedung yang hangus terbakar di lantai 1, 2 dan 3. Pihaknya mencari sumber utama penyebab kebakaran melalui pola perambatan api.

"Di lantai 1, 2, 3 yang mengalami kerusakan kami sisir. Kami mencari pola perambatan api, lalu nanti akan ketemu," katanya.

Kebakaran terjadi di Mal Malang Plaza pada Selasa (2/5/2023) dini hari sekitar pukul 1.00 WIB. Hampir semua bagian mal di Jalan KH. Agus Salim Malang tersebut hangus akibat dilalap api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com