Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Kebakaran Mal Malang Plaza Masih Panas, Tim Labfor Polda Jatim Kesulitan Olah TKP

Kompas.com - 03/05/2023, 15:39 WIB
Nugraha Perdana,
Andi Hartik

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur mendatangi lokasi kebakaran Mal Malang Plaza di Kota Malang, Jawa Timur, pada Rabu (3/5/2023). Petugas sekitar dua jam berada di tempat tersebut, mulai pukul 10.20 WIB dan 12.30 WIB.

Namun, tim masih kesulitan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Sebab, kondisi di bangunan mal yang terbakar masih panas.

Para petugas Labfor hanya menyisir lantai 1. Sedangkan untuk lantai 2 dan lantai 3 belum disisir semua lantaran masih mengeluarkan hawa panas.

"Kami mengutamakan safety (keamanan), jadi belum bisa masuk (keseluruhan) karena masih panas di dalam, khususnya di lantai 2 dan 3," kata Ketua Tim Labfor Polda Jatim, Kombes Pol Djoko Siswanto pada Rabu (3/5/2023).

Baca juga: Tim Labfor Polda Jatim Datangi Mal Malang Plaza, Selidiki Penyebab Kebakaran

Djoko menyampaikan, pihaknya mendatangi lokasi kebakaran itu untuk membantu penyelidikan kebakaran yang terjadi pada Selasa (2/5/2023) dini hari. Terdapat dua hal yang tengah diselidiki, yakni terkait lokasi api pertama kali muncul dan penyebabnya.

"Labfor tujuannya cuma dua, mencari lokasi api pertama kebakaran dan penyebab. Namun untuk mencari lokasi dan penyebab, kondisinya masih panas," katanya.

Baca juga: Titik Api Sempat Kembali Muncul di Lokasi Kebakaran Mal Malang Plaza

Pihaknya juga belum mengamankan barang-barang dari lokasi kejadian yang dibutuhkan untuk kepentingan penyelidikan.

Lebih lanjut, petugas Labfor Polda Jatim akan kembali ke lokasi pada Kamis (4/5/2023) pagi.

"Insya Allah besok (4/5/2023)," katanya.

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Bayu Febrianto Prayoga mengatakan, petugas dari UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang kembali melakukan pembasahan di area yang masih panas. Hal itu untuk memudahkan petugas kepolisian dalam melakukan upaya penyelidikan.

"Iya pemadam sudah masuk lagi untuk melakukan pendinginan," katanya.

Disisi lain, pihak kepolisian telah meminta keterangan terkait peristiwa tersebut dari tiga orang saksi yang merupakan satpam. Sedangkan untuk pihak manajemen Mal Malang Plaza belum dimintai keterangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com