Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lavinia Jesslyn Prayogo, Bocah 10 Tahun Asal Surabaya Borong Juara Olimpiade Matematika di Sejumlah Negara

Kompas.com - 19/05/2023, 15:27 WIB
Ghinan Salman,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Siswi SD Santo Carolus Tarakanita, Surabaya, Lavinia Jesslyn Prayogo, mengukir prestasi membanggakan dengan mampu merebut juara lomba dan olimpiade matematika di sejumlah negara.

Jika sebagian orang cenderung menghindari pelajaran matematika karena dianggap sulit, bocah 10 tahun ini justru mencintai pelajaran berhitung ini sejak masih di Taman Kanak-kanak (TK).

Gadis yang akrab disapa Lavin ini sejak kecil selalu tertantang untuk memecahkan soal-soal yang berhubungan dengan rumus dan angka.

Baca juga: Dua Mahasiswa Unhas Makassar Sabet Medali Perak di Ajang Olimpiade Matematika Rusia

Karena kebiasaan dan kegemarannya terhadap matematika, Lavin meraih banyak prestasi di usianya yang masih sangat dini.

Ia tercatat pernah menjuarai lomba matematika di Bulgaria, Jepang, Hongkong, dan sejumlah negara lain.

Awalnya, kecintaannya pada matematika tidak dibarengi dengan kegigihannya menjawab soal-soal di ujian sekolah.

Saat itu, Lavin sempat pesimistis dan mudah putus asa ketika harus memecahkan pertanyaaan yang berhubungan dengan angka.

Namun, rasa pesimis itu berubah setelah sang ibu, Maria Natalia, terus mendorong dan memberi dukungan kepada Lavin agar terus maju.

Kiprahnya di dunia matematika semakin mentereng setelah sang ibu juga mengajak Lavin untuk mengikuti olimpiade sains dan matematika internasional di Jepang.

"Dari situ saya tidak pernah menyerah dan terus berusaha memahami setiap bab pelajaran matematika. Meskipun, saya tidak begitu suka soal-soal yang harus menghafal rumus," kata Livin kepada awak media, Jumat (19/5/2023).

Melalui dukungan moral dari sang ibu, Lavin kini menjadi anak yang selalu optimistis dan lebih percaya diri lagi ketika mengikuti lomba serta olimpiade tentang matematika.

Perempuan yang pernah meraih juara 1 ajang Generasi Berprestasi Nutrimax 2022 ini berharap ke depan bisa meraih banyak prestasi yang membanggakan.

Baru-baru ini, Lavin juga telah berhasil meraih juara Global Mathematics Elite Competition (GMEC) di Hongkong. Ia berhasil membawa pulang lima medali, piala champion dan sertifikat.

Baca juga: Dipilih Ikut Olimpiade Sains dan Matematika Asia, Nono Bertemu Gubernur NTT

Hingga kini, Lavin sudah meraih ratusan penghargaan juara olimpiade matematika, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Semua prestasi yang saya raih ini hasil dari kegigihan usaha, kerja keras mempelajari matematika dengan tekun dan semangat. Dukungan dari orang tua dan keluarga juga, sangat mensupport dan mendampingi," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com