Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang 2022, 46 Perempuan di Jombang Jadi Korban Kekerasan Seksual

Kompas.com - 02/03/2023, 18:09 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Andi Hartik

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Women’s Crisis Center (WCC) Jombang mencatat, sebanyak 46 perempuan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menjadi korban kekerasan seksual sepanjang 2022.

Direktur WCC Jombang, Anna Abdillah mengungkapkan, mayoritas korban kekerasan seksual berusia kurang dari 18 tahun atau masih berstatus anak.

Dia merinci, korban kekerasan seksual sepanjang 2022 terdiri dari 31 korban berusia di bawah 18 tahun, dan 15 korban berusia di atas 18 tahun atau sudah dewasa.

Baca juga: Tanggul Sungai Jebol, Jalan Penghubung Jombang-Kediri Banjir, Lalu Lintas Tersendat

Anna menyebut, berdasarkan catatan pendampingan dan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten Jombang pada 2022, tidak semua kasus kekerasan seksual  yang dialami anak-anak berlanjut ke proses hukum.

Dari 31 kasus kekerasan seksual yang dialami anak, sebanyak 15 kasus sudah divonis oleh pengadilan, lima kasus proses hukumnya masih berlangsung, dan satu kasus terkendala proses pembuktian.

“Catatan kami, ada satu korban terkendala proses pembuktian yang membuat laporannya terancam dihentikan. Kemudian, ada dua korban yang pelakunya masih DPO,” kata Anna dalam konferensi pers terkait catatan tahunan pendampingan WCC Jombang terhadap perempuan dan anak korban kekerasan, Kamis (2/3/2023).

Baca juga: Detik-detik Penambal Ban di Jombang Terbakar, Sempat Isi BBM ke Botol

Dia menuturkan, di antara anak-anak yang menjadi korban kekerasan seksual, ada yang menyelesaikan dengan cara kekeluargaan dan ada pula yang memilih menyelesaikan dengan proses hukum.

“Ada satu korban yang kasusnya berakhir damai secara kekeluargaan. Lalu ada lima korban yang memilih tidak melalui proses hukum,” ungap Anna.

Selain 31 anak, lanjut dia, ada 15 perempuan dewasa yang menjadi korban kekerasan seksual sepanjang 2022.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com