Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debat Ketiga Ada Dua Panelis dari Unhan, Cak Imin: Kita Harus Awasi

Kompas.com - 06/01/2024, 22:36 WIB
Andhi Dwi Setiawan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bakal mengawasi jalanya debat pilihan presiden (Pilpres), untuk menjaga indepensi para penelis.

Hal itu merespons, adanya dua panelis yang berasal dari Universitas Pertahanan (Unhan), saat debat ketiga Pilpres, di Istora Senayan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (7/1/2024) besok.

Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto merupakan seorang Menteri Pertahanan (Menhan).

Baca juga: Jokowi Makan Malam dengan Prabowo, Cak Imin Minta Presiden Jaga Netralitas

"(Pemilihan panelis) itu kewenangan KPU ya. Tapi, tentu masyarakat dan kita harus awasi, jangan sampai independensi, intelektualitas kita terganggu gara-gara atasan bawahan," kata Cak Imin, di Makam Sunan Ampel, Sabtu (6/1/2024).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut, sudah berdiskusi dengan pasanganya, Anies Baswedan, terkait sejumlah hal yang akan dibicarakan dalam debat.

"Besok rencananya (berbincang), ya bukan diskusi, tapi sudah cocok-cocokan biasa," ujar dia.

Cak Imin berharap, Anies menguasai tema yang akan dibahas selama debat ketiga tersebut, yakni mulai dari pertahanan, keamanan, hubungan internasional, hingga geopolitik.

"Somoga Mas Anies bisa mengendalikan isu penting. Paling pokok menyampaikan tema-tema itu ke masyarakat, mendapatkan feedback dari bangsa kita, lalu kalau menang nanti menjadi agenda bersama, bukan hanya pemerintah tapi rakyat indonesia," ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merasa kurang setuju dengan kehadiran dua panelis dari Unhan.

Baca juga: Cak Imin Borong Es Godir dan Sate Ayam Saat Kunjungi Pasar Legi Jombang

Pasalnya, Unhan merupakan kampus yang berada di bawah Kementerian Pertahanan sehingga berpotensi terjadi konflik kepentingan.

Oleh karena itu, Muhaimin melayangkan protes ke KPU dan berharap agar kedua panelis Unhan ini bisa diganti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com