Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wagub Jatim Emil Dardak Minta Dekopin "Jewer" Koperasi Nakal

Kompas.com - 25/07/2023, 12:13 WIB
Achmad Faizal,
Krisiandi

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak mengajak Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Jatim bersama-sama pemerintah ikut aktif membina koperasi untuk pengembangan ekonomi dan pengentasan kemiskinan di Jatim.

Ajakan tersebut disampaikan Emil Dardak saat menghadiri Gebyar Acara Puncak Hari Koperasi Indonesia ke 76 Jawa Timur 2023 di Kota Blitar, Senin (24/7/2023).

"Jika ada koperasi yang nakal, maka jangan hanya pemerintah saja yang menjewer dan memperingatkannya. Dekopinwil Jatim juga harus ikut berperan aktif menjewer dan membina koperasi tersebut", kata mantan Bupati Trenggalek itu dalam keterangannya Selasa (25/7/2023).

Baca juga: Survei Indopol Pilkada Jatim 2024, Elektabilitas Khofifah Tertinggi, Disusul Risma dan Emil Dardak

Dia menekankan betapa pentingnya koperasi sebagai instrumen pengentasan kemiskinan di Jatim khususnya koperasi petani.

Di daerah yang dominan pertanian, maka di situ menurut Emil Dardak angka kemiskinan tinggi. Sehingga petani harus bisa mendorong nilai tambah melalui koperasi.

"Kalau hanya "nandur" (menanam), itu nilainya enggak banyak, tapi dari pengemasan dan  penjualan harus bisa menjual agar profitnya bisa kembali ke petani," ujarnya.

Oleh karena itu dia berharap, Dekopin ikut memberikan pelatihan para petani agar dapat memberikan nilai tambah pada produk yang dihasilkan melalui koperasi yang dibentuk. Sehingga, keuntungan yang didapat dari dan untuk para petani.


"Jadi yang memiliki unit usaha bukan orang lain, tapi petani langsung. Sehingga ini bisa membantu kami di Pemprov Jatim untuk mengentaskan kemiskinan," jelasnya.

Jumlah petani di Jawa Timur saat ini  mencakup sepertiga dari angkatan kerja di Jawa Timur. Oleh karena itu saat ini pihaknya terus mendukung pertumbuhan koperasi petani di Jatim.

Saat ini, menurutnya, masih terdapat banyak kendala yang ditemukan pada koperasi-koperasi yang ada di tiap unit. Salah satunya yakni masih banyaknya masyarakat yang ingin mengelola usahanya secara individu.

Baca juga: Emil Dardak Minta Kader Demokrat Jatim Putar Ulang Pidato Politik AHY sampai 14 Kali

“Ini lah tugas dari Pemerintah dan Dekopin untuk mengumpulkan para petani agar membuat di hilirnya sendiri. Biasanya hasil pertanian yang mengumpulkan para pengepul, sehingga beli putus," katanya.

Ketua Dekopinwil Jatim Slamet Sutanto mengaku siap bersinergi dengan Pemprov Jatim untuk melakukan pembinaan kepada koperasi khususnya koperasi petani.

"Dukungan Pak Wagub Jatim menjadikan spirit baru bagi kami untuk terus mengembangkan koperasi sebagai intrumen kesejahteraan masyarakat, khususnya petani," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com