Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekelompok Orang Lakukan "Sweeping" Buntut Kematian Mahasiswa di Malang, Polisi: Sudah Dibubarkan

Kompas.com - 26/06/2023, 06:02 WIB
Nugraha Perdana,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Sebuah video yang menunjukkan dugaan kericuhan di Jalan Raya Tlogomas, Kota Malang, Jawa Timur beredar pada Minggu (25/6/2023) malam.

Pantauan Kompas.com, sejumlah petugas kepolisian masih berjaga-jaga di sekitar lokasi.

Baca juga: Hadiri Tasyakuran Kelulusan, Mahasiswa di Malang Tewas Dikeroyok Teman

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto mengatakan, sejumlah 2 Satuan Setingkat Kompi (SSK) personel disiagakan di sekitar lokasi kejadian.

Dia meluruskan bahwa keramaian tersebut merupakan bentuk sweeping yang dilakukan oleh sekelompok orang dari luar Jawa.

Hal itu buntut kematian mahasiswa perguruan tinggi swasta berinisial KM (24) asal Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Mereka mencari para pelaku yang melakukan penganiayaan terhadap korban.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Malang Hari Ini, 26 Juni 2023: Pagi Cerah dan Sore Cerah Berawan

"Mereka mencoba sweeping nyari anak-anak pelaku itu, tetapi sudah dibubarkan," kata Budi pada Minggu (25/6/2023), malam.

Kemudian, polisi datang membawa sekelompok orang tersebut ke daerah Gotong Royong, Kota Malang. Ada sekitar 150 orang yang dibawa ke rumah duka korban.

"Tetapi sudah dibubarkan, sekarang mereka dilokalisir di Gotong Royong, melihat temannya yang meninggal itu, di rumah duka," katanya.

Untuk antisipasi adanya peristiwa susulan, polisi akan melakukan patroli di sejumlah tempat. Seperti perkampungan, kampus, asrama, kos-kosan dan objek vital lainnya.

Pihaknya juga menggandeng TNI dan Satpol PP dalam menjaga kondusifitas Kota Malang. Budi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membesar-besarkan masalah dan memicu konflik.

Petugas kepolisian dari Polresta Malang Kota juga akan membantu Polres Malang dalam mengungkap para pelaku yang menganiaya korban hingga berujung kematian.

Baca juga: Hadiri Tasyakuran Kelulusan, Mahasiswa di Malang Tewas Dikeroyok Teman

"Yang paling utama kita itu juga bantu Polres Malang untuk mengungkap pelaku-pelaku yang melakukan pembunuhan itu," katanya.

Sebagai informasi, mahasiswa berinisial KM (24) meninggal setelah dianiaya oleh rekan-rekannya saat pamit dari pesta minum minuman keras (miras).

Peristiwa itu terjadi di salah satu kafe di Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang pada Sabtu (24/6/2023) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com