Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Mobil Diduga Milik Google Maps Tersesat di Kebun Tebu Malang

Kompas.com - 12/06/2023, 13:44 WIB
Imron Hakiki,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Rekaman video memperlihatkan mobil Honda HR-V dengan nomor polisi B 1142 DFP ditarik warga menggunakan tali, viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 25 detik itu tampak beberapa pria bergotong-royong menarik mobil tersebut dari jalan tanah yang curam di area lahan tebu.

Diduga mobil berwarna hitam itu adalah milik Google Maps yang tersesat di jalan buntu, di kawasan Rt 33, Rw 06, Dusun Gumukmas, Desa Karangsari, Kecamatan Bantur, pada Kamis (8/6/2023) lalu.

Baca juga: Pengendara Motor Menyelonong Masuk Jalan Tol Usai Ikuti Google Maps

Salah satu warga setempat, Rakimun (63), membenarkan kejadian itu. Ia menyebut mobil itu dikemudikan oleh dua orang dan tersesat karena mengikuti navigasi Google Maps.

"Tidak tahu mau ke mana. Katanya ia mengikuti Google Maps. Ciri-cirinya ada besi yang menempel di atas mobilnya," ungkapnya saat ditemui, Senin (12/6/2023).

Rakimun menyebut, jalan yang dilalui mobil tersebut memang jalan buntu dan curam. Sebab, jalan itu hanya digunakan sebagai akses kendaraan pengangkut tebu.

"Jalannya memang buntu. Tidak ada tembusan ke mana-mana. Selama ini hanya digunakan untuk jalan untuk mengangkut tebu warga," tuturnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh INFO KEDIRI RAYA (@infokediriraya)

Akibatnya, mobil itu tidak bisa menanjak karena jalan masih tanah. Alhasil, warga setempat turut membantu menarik mobil itu ke jalan utama.

"Kejadiannya sekitar pukul 13.00 WIB. Proses penarikan memakan waktu sekitar 1 jam. Banyak warga yang membantu," jelasnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, lokasi tersebut memang cukup terpencil. Area jalan di kawasan tersebut mayoritas masih bebatuan dan berkelok, dengan medan menanjak dan menurun.

Tidak banyak rumah di kawasan tersebut, selebihnya hanya hamparan pertanian tebu.

Baca juga: Pakai Google Maps ke Puncak Bogor, Wisatawan Asal Jakarta Tersesat dan Terperosok ke Jalan Berlumpur

Sementara itu, salah satu warga lain, Joko (32) mengatakan ada sekitar 20 orang yang membantu menarik kendaraan tersebut.

Mereka dipanggil oleh pengemudi saat warga masih bekerja menebang tebu.

"Pengendara awalnya berjalan sekitar 500 meter ke tempat kami bekerja menebang tebu. Untung masih banyak warga yang sedang bekerja," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com