Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Pastikan Pasokan Listrik ke Pulau Madura Kembali Normal

Kompas.com - 14/02/2023, 18:04 WIB
Muchlis,
Andi Hartik

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Pasokan listrik ke Pulau Madura, Jawa Timur, sempat terkendala akibat pengantar Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kilovolt yang membentang di Jembatan Suramadu mengalami gangguan.

Kini, perbaikan pada SKTT sudah selesai dan PLN memastikan pasokan listrik ke Pulau Madura kembali normal.

Baca juga: Kisah di Balik Kampung dengan Deretan Rumah bak Istana di Madura, Pemiliknya Para Perantau Usaha Toko Kelontong di Jakarta

Manajer Komunikasi PLN UID Jatim, Anas Febrian mengatakan, pihaknya mengerahkan 262 personel dari Unit Induk Transmisi (UIT), Unit Induk Distribusi dan tenaga ahli yang dilengkapi dengan peralatan canggih untuk memulihkan gangguan di Joint Pit (JP) 5 dan JP 17.

Sebab, akibat gangguan itu, pasokan listrik ke Pulau Madura berkurang sebanyak 20-100 megawatt (MW).

"Tahapan demi tahapan telah dilalui, mulai dari investigasi, recovery hingga energizing telah dilakukan. Alhamdulillah pada Senin (13/02) pukul 15.38 WIB, listrik sudah kembali normal 100 persen," kata Anas Febrian kepada Kompas.com saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Selasa (14/2/2023).

Baca juga: Dinkes Sebut Kasus Campak di 2 Kabupaten di Madura Tertinggi di Jatim pada 2022

Persoalan gangguan pasokan listrik itu ditangani sejak Jumat (3/2/2023), dan baru dinyatakan normal kembali pada Senin (13/2/2023) sore. Petugas membutuhkan waktu 10 hari kerja untuk mencari titik masalah hingga memperbaikinya.

Anas mengatakan, pihaknya juga mengerahkan puluhan unit genset agar warga di Pulau Madura segera menikmati listrik dengan normal.

"PLN juga gerak cepat memasok listrik, sementara untuk warga Madura dengan mendatangkan 96 unit genset dari unit PLN di Jawa dan Bali. PLN juga membagikan 12.295 lampu emergency yang bisa dipergunakan masyarakat," beber dia.

General Manager Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Lasiran menyampaikan, untuk mengantisipasi permasalahan serupa, pihaknya akan mengambil langkah penguatan sistem kelistrikan di Madura.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com