Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Hidup Terbungkus Kemeja Merah Ditemukan di Teras Rumah Warga Batu

Kompas.com - 15/12/2023, 16:10 WIB
Nugraha Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Keluarga Warsini tiba-tiba kaget dan tidak menyangka menemukan satu bayi hidup terbungkus kemeja rumah hari ini, Jumat (15/12/2023) sekitar pukul 05.00 WIB.

Bayi itu ditemukan di depan pintu rumahnya yang beralamat di RT 03/ RW 08 Dusun Jantur, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Kapolsek Bumiaji AKP Windu Hadi mengatakan, kondisi bayi ditemukan masih hidup dan sehat.

Baca juga: Mengaku Bingung, Perempuan Muda di Semarang Buang Bayi di Bawah Jembatan, Anaknya Kini Diasuh Neneknya

 

Bayi itu pertama kali ditemukan Warsini di depan teras rumahnya dan diduga sengaja dibuang oleh orangtuanya.

"Posisinya di atas karpet, jenis kelaminnya perempuan. Saat ditemukan kondisi bayi terbungkus baju kemeja warna merah dan biru dalam kondisi basah. Kondisi tali pusar bayi sudah dipotong," kata Windu, Jumat (15/12/2023).

Diperkirakan, umur bayi tersebut masih belum ada satu hari. Setelah itu, pihak penemu bayi melapor kepada ketua RT setempat.

Kemudian, kepala dusun setempat berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Desa Gunungsari, Babinkamtibmas, Bhabinsa, Puskesmas Pembantu Gunungsari, dan PPKBD Desa Gunungsari.

"Penanganan awal bayi ditangani oleh pihak bidan dan perawat pada pukul 05.30 WIB. Kemudian selanjutnya pukul 06.00 WIB dirujuk ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Hasta Brata, Kota Batu," katanya.

Baca juga: Takut Hubungan Gelap Ketahuan Keluarga, Perempuan di Semarang Buang Bayi di Pinggir Sungai

Bayi tersebut untuk sementara waktu dirawat di RS Bhayangkara Hasta Brata, dan sudah dilaporkan ke Dinas Sosial Kota Batu. Selain itu, pihaknya juga menyelidiki dengan mencari keberadaan orangtua bayi.

"Iya, sementara di RS Bhayangkara Hasta Brata, dan sudah dilaporkan ke Dinas Sosial. Jadi kalo ada yang mau adopsi koordinasi dulu dengan Dinsos," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com