Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Kartiyem Bolak-balik Ambil Air Bersih di Sawah gara-gara Kekeringan

Kompas.com - 26/10/2023, 18:25 WIB
Usman Hadi ,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

NGANJUK, KOMPAS.com – Bencana kekeringan melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. BPBD setempat mencatat setidaknya ada enam desa dan empat kecamatan di wilayah ini yang terdampak kekeringan.

Salah satu wilayah yang terdampak kekeringan ialah Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk. Desa ini mengalami kekeringan kurang lebih sejak dua bulan lalu.

Baca juga: Ban Pecah, Truk Pengangkut Babi Terguling di Tol Nganjuk

“Di sini mulai kekeringan sudah dua bulanan,” ujar Kartiyem (56), salah satu warga setempat kepada Kompas.com, Kamis (26/10/2023).

Kartiyem bercerita, sumur-sumur warga saat ini mengering. Kalau pun keluar air, kata dia, jumlahnya sedikit, dan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari.

Untuk mencukupi kebutuhan air bersih, kata Kartiyem, sebagian besar warga mengandalkan sumur yang ada di area persawahan setempat.

Warga harus bolak-balik mengangkut air dari sumur di sawah itu menggunakan galon maupun wadah lainnya.

“Selama ini ambil air di sawah, di sumur,” tuturnya.

Baca juga: Dampak El Nino, Pj Gubernur Tetapkan 9 Daerah di Sultra Status Tanggap Darurat Kekeringan

Salah satu warga setempat lainnya, Harimurti (54) menuturkan, sebenarnya di Desa Ngluyu sudah tersedia Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Tapi akhir-akhir ini Pamsimas itu tak berfungsi.

“Ada (Pamsimas), tapi macet,” kata dia.

Karena kondisi ini, sejumlah pihak melakukan dropping air bersih ke Desa Ngluyu.

Hari ini, Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna juga menyalurkan air bersih bantuan dari Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Nganjuk.

“Ini bantuan (bantuan) yang keenam kali di sini,” ucap Harimurti.

Sebagai rakyat kecil, Harimurti hanya berharap persoalan air bersih di Desa Ngluyu dapat segara diatasi oleh pemerintah setempat, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk.

“Kalau harapan rakyat kecil seperti kami jangan sampai ada kekeringan lagi untuk depan, bisa lancar terus. Susah banget kalau enggak ada air, malam-malam enggak ada air,” keluhnya.

6 desa terdampak kekeringan

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Nganjuk, saat ini tercatat ada enam desa dan empat kecamatan di Nganjuk yang terdampak kekeringan, dengan total warga terdampak mencapai 4.592 jiwa.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com