Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Kayu di Gresik Terbakar, 2 Pekerja Terluka

Kompas.com - 12/10/2023, 19:25 WIB
Hamzah Arfah,
Andi Hartik

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Dua pekerja mengalami luka bakar dalam insiden kebakaran yang melanda pabrik kayu PT Nankai Indonesia di Jalan Raya Mayjend Sungkono, Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur, Kamis (12/10/2023).

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Gresik menerjunkan 20 petugas dan empat mobil pemadam untuk memadamkan kebakaran itu. Dinas Pemadam Kebakaran Surabaya juga mengerahkan petugas dan mobil pemadam untuk membantu memadamkan api.

"Untuk penyebab kebakaran masih belum diketahui. Tapi ada dua karyawan yang mengalami luka bakar, dirawat di Rumah Sakit Semen Gresik," ujar Kepala Dinas Damkarla Gresik Agustin Holomoan Sinaga kepada awak media.

Baca juga: Detik-detik Pesilat di Gresik Tewas Saat Ujian Kenaikan Sabuk, Dianiaya Senior hingga Dipukul Bambu

Dua orang pekerja yang mengalami luka bakar dalam insiden tersebut adalah M Sholahudin dan Ismanto. Keduanya merupakan pekerja di bagian operator boiler pada pabrik tersebut.

Keduanya masih menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Semen Gresik atas luka yang dialami.

"Kondisi korban mengalami luka bakar di bagian wajah, leher dan sedikit di bagian perut, juga tangan, sebagian lagi ada di kaki. Paling besar di bagian leher dan kepala," kata Humas Rumah Sakit Semen Gresik, dr Tholib Bahasuan.

Baca juga: Ujian Kenaikan Sabuk Berujung Tewasnya Pesilat di Gresik Disebut Salahi Prosedur

Tholib menjelaskan, akibat luka tersebut, korban mengalami trauma di area inhalasi. Rencananya, akan dilakukan operasi terhadap korban untuk membersihkan luka.

"Hal tersebut berdasarkan hasil konsultasi dari dokter spesialis bedah, untuk dilakukan demang atau pembersihan area luka bakar,” ucap Tholib.

Menurut Tholib, korban Ismanto mengalami luka bakar sekitar 30 persen. Sementara korban M Sholahudin mengalami luka bakar sekitar 22 persen.

"Semoga (kondisi) kedua pasien segera teratasi. Ada rencana dikonsultasikan ke spesialis toraks kardiovaskular, atau bidang kedokteran yang terlibat dalam pengobatan penyakit dan gangguan yang mempengaruhi organ-organ di dalam toraks atau dada seperti saluran pernapasan, paru-paru, dinding dada, karena ada sedikit jaringan rusak. Tapi kami masih menunggu konsultasi dari dokter bedah plastik,” tutur Tholib.

Kasat Reskrim Polres Gresik AKP Aldhino Prima Wirdhan membenarkan dua orang korban yang mengalami luka bakar dalam kejadian kebakaran di PT Nankai Indonesia merupakan pekerja di bagian operator boiler.

Pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan guna mencari penyebab kebakaran tersebut.

"Kedua korban bekerja sebagai operator boiler di perusahaan tersebut. Kami masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran. Apalagi api merembet ke pabrik PT Achmadi Pasca Perintis yang bersebelahan," kata Aldhino.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com