Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jip Wisata Terperosok ke Jurang di Kawasan Bromo, Tak Ada Korban Jiwa

Kompas.com - 26/06/2023, 18:51 WIB
Ahmad Faisol,
Andi Hartik

Tim Redaksi

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Mobil jip wisata mengalami kecelakaan di kawasan Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (25/6/2023).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Sebab, saat mundur dan terperosok ke jurang, mobil jip tersebut dalam keadaan kosong.

Kecelakaan mobil jip masuk jurang itu terekam video dan beredar di media sosial.

Baca juga: Mengenal Semeningah Kasada, Ritual Pembuka Gerbang Niskala Gunung Bromo di B29 Lumajang

Video berdurasi 34 detik itu menunjukkan bahwa ada kendaraan terguling ke jurang yang penuh pepohonan di kawasan Bromo, Kabupaten Probolinggo.

Dalam video juga terdengar suara jeritan pria dan perempuan histeris saat kendaraan terjun ke jurang.

Video itu juga memperlihatkan angin puting beliung di lautan pasir.

"Kalau kecelakaan memang kemarin terjadi, sebuah jip wisata. Tapi tidak ada korban. Kalau puting beliung, fenomena itu memang kadang kala terjadi di laut pasir," kata Kepala Bagian Tata Usaha Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Septi Eka Wardhani, Senin (26/6/2023).

Baca juga: Patung Ganesha Baru Dipasang di Bibir Kawah Bromo, Menggantikan yang Hilang

Septi mengatakan, dari keterangan yang diperoleh, kecelakaan mobil jip itu berawal ketika jip menuju arah Cemorolawang dengan tujuan mengantar wisatawan ke penginapan setelah berwisata di kawasan Bromo.

Sesampai di jalur menanjak arah Cemorolawang, tepatnya sebelum punden, jip mengalami mati mesin karena kehabisan bahan bakar.

Penumpang kemudian diminta keluar dari jip oleh sopir. Kemudian, sopir memposisikan kendaraannya masuk transmisi gigi satu dan memasang batu ganjal pada roda belakang jip.

Sopir lalu pergi ke toko penjual BBM terdekat.

"Setelah BBM terisi di jip, sopir membuka pintu ruang mesin untuk memastikan sistem pembakaran tidak mengalami gangguan. Ketika menutup pintu ruang mesin inilah jip tiba- tiba mundur dan tak terkendali tanpa sopir dan penumpang di dalamnya terperosok ke arah sisi kiri jalur," jelas Septi.

Dihubungi terpisah, Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP Sapari membenarkan kejadian jip wisata terperosok ke jurang tersebut.

Sapari mengatakan, jip tersebut sudah dievakuasi.

"Kami minta sopir jip berhati-hati mengoperasikan jip wisatawan.," kata Sapari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com