Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB dan Gerindra Jalin Koalisi Usung Sosok Kades pada Pilkada Jombang

Kompas.com - 19/04/2024, 20:56 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Andi Hartik

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra sepakat mengusung Warsubi sebagai calon bupati Jombang, Jawa Timur, dalam Pilkada Serentak 2024.

Sosok yang diusung PKB dan Partai Gerindra tersebut saat ini menjabat sebagai Kepala Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.

Selain menjadi kepala desa, Warsubi juga dikenal sebagai salah satu pengusaha papan atas di Kabupaten Jombang.

Baca juga: PAN Kembali Usung Kustini Sri Purnomo di Pilkada Sleman

Warsubi yang telah menjabat kepala desa Mojokrapak selama 3 periode, saat ini juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Jombang.

Terpilihnya Warsubi sebagai bakal calon bupati yang diusung PKB dan Gerindra dalam Pilkada Kabupaten Jombang 2024 disampaikan setelah kedua pimpinan parpol menggelar pertemuan bersama pada Jumat (19/4/2024).

Baca juga: Golkar Ende Usung Tiga Nama pada Pilkada 2024, Satu Dosen

Wakil Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Jombang Mas’ud Zuremi mengatakan, pimpinan kedua parpol yang menggelar pertemuan di Graha Gus Dur menyepakati untuk mengusung Warsubi sebagai bakal calon bupati Jombang.

Namun, ujar Mas’ud, PKB dan Gerindra baru bisa mempublikasikan calon bupati yang diusung. Adapun untuk sosok calon wakil bupati, penentuannya diserahkan kepada Warsubi dengan terlebih dulu berkonsultasi dengan kiai-kiai di Kabupaten Jombang.

“Tadi ada pertemuan di kantor PKB. Artinya begini, kami dari DPC PKB dan Gerindra Kabupaten Jombang, sudah sepakat mengusung Bapak Haji Warsubi sebagai Bupati Jombang,” kata Mas’ud di Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jumat.

Ketua DPRD Kabupaten Jombang itu menjelaskan, setelah pimpinan PKB dan Gerindra menggelar pertemuan di Kantor DPC PKB Jombang, para pimpinan kedua parpol dan calon bupati yang diusung dalam Pilkada Serentak 2024 melakukan silaturahmi ke Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar.

Untuk selanjutnya, kata Mas’ud, jajaran pimpinan PKB dan Gerindra beserta Warsubi akan melakukan safari dan silaturahmi kepada kiai-kiai di Kabupaten Jombang untuk meminta restu serta meminta masukan terkait sosok calon wakil bupati.

Dia menambahkan, PKB dan Gerindra telah menjalin kesepakatan untuk koalisi dalam Pilkada Kabupaten Jombang 2024.

 

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com