Salin Artikel

PKB dan Gerindra Jalin Koalisi Usung Sosok Kades pada Pilkada Jombang

JOMBANG, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra sepakat mengusung Warsubi sebagai calon bupati Jombang, Jawa Timur, dalam Pilkada Serentak 2024.

Sosok yang diusung PKB dan Partai Gerindra tersebut saat ini menjabat sebagai Kepala Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.

Selain menjadi kepala desa, Warsubi juga dikenal sebagai salah satu pengusaha papan atas di Kabupaten Jombang.

Warsubi yang telah menjabat kepala desa Mojokrapak selama 3 periode, saat ini juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Jombang.

Terpilihnya Warsubi sebagai bakal calon bupati yang diusung PKB dan Gerindra dalam Pilkada Kabupaten Jombang 2024 disampaikan setelah kedua pimpinan parpol menggelar pertemuan bersama pada Jumat (19/4/2024).

Wakil Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Jombang Mas’ud Zuremi mengatakan, pimpinan kedua parpol yang menggelar pertemuan di Graha Gus Dur menyepakati untuk mengusung Warsubi sebagai bakal calon bupati Jombang.

Namun, ujar Mas’ud, PKB dan Gerindra baru bisa mempublikasikan calon bupati yang diusung. Adapun untuk sosok calon wakil bupati, penentuannya diserahkan kepada Warsubi dengan terlebih dulu berkonsultasi dengan kiai-kiai di Kabupaten Jombang.

“Tadi ada pertemuan di kantor PKB. Artinya begini, kami dari DPC PKB dan Gerindra Kabupaten Jombang, sudah sepakat mengusung Bapak Haji Warsubi sebagai Bupati Jombang,” kata Mas’ud di Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jumat.

Ketua DPRD Kabupaten Jombang itu menjelaskan, setelah pimpinan PKB dan Gerindra menggelar pertemuan di Kantor DPC PKB Jombang, para pimpinan kedua parpol dan calon bupati yang diusung dalam Pilkada Serentak 2024 melakukan silaturahmi ke Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar.

Untuk selanjutnya, kata Mas’ud, jajaran pimpinan PKB dan Gerindra beserta Warsubi akan melakukan safari dan silaturahmi kepada kiai-kiai di Kabupaten Jombang untuk meminta restu serta meminta masukan terkait sosok calon wakil bupati.

Dia menambahkan, PKB dan Gerindra telah menjalin kesepakatan untuk koalisi dalam Pilkada Kabupaten Jombang 2024.

“Yang kami sampaikan kan (kesepakatan) Partai Gerindra dan PKB, tetapi kami tidak menutup kemungkinan koalisi dengan partai-partai lain. Insyaallah ada dari partai yang mau bersama-sama mengusung Haji Warsubi,” ujar dia.

Sementara itu, Warsubi menyatakan kesiapannya untuk ikut dalam Pilkada Kabupaten Jombang 2024.

Dia mengaku bersyukur mendapatkan kepercayaan dari PKB dan Gerindra untuk maju sebagai calon kepala daerah dan siap membangun koalisi dengan partai lain.

Warsubi mengatakan, keikutsertaannya dalam Pilkada Jombang didasari pada tujuan untuk membangun Kabupaten Jombang.

“(Motivasi) kami ingin membangun Jombang yang lebih baik. Kami paham bagaimana Kabupaten Jombang, paham bagaimana karakter masyarakat Jombang itu seperti apa, terutama yang di pedesaan,” ujar dia.

“Konstruksi pembangunan adalah di desa, karena sebagian besar pembangunan adalah di desa. Jadi konstruksi APBD seharusnya 80 persen adalah di desa,” lanjut Warsubi di Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jumat.

Sebagai informasi, berdasarkan hasil pleno KPU Jombang tentang rekapitulasi perolehan suara Pileg 2024, PKB merupakan partai pemenang Pileg 2024.

PKB diperkirakan memperoleh 12 kursi DPRD Kabupaten Jombang. Sedangkan Partai Gerindra, dalam Pemilu tahun ini berhasil mendapatkan 8 kursi legislatif.

Berdasarkan komposisi perolehan kursi kedua partai tersebut, sudah cukup untuk mengusung pasangan calon bupati dan calon wakil bupati dalam Pilkada 2024.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/04/19/205606478/pkb-dan-gerindra-jalin-koalisi-usung-sosok-kades-pada-pilkada-jombang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke