Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Selidiki Kasus Perampokan dan Pencabulan Wanita Paruh Baya di Surabaya

Kompas.com - 19/01/2024, 07:55 WIB
Andhi Dwi Setiawan,
Andi Hartik

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Polisi tengah melakukan proses penyelidikan terkait laporan seorang wanita paruh baya yang menjadi korban perampokan dan pencabulan di Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu (17/1/2024).

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Hendro Sukmono mengatakan, awalnya korban, TYC (55), warga Jalan Simo Jawar, Sukomanunggal, melaporkan terkait kasus pencabulan.

"Sehingga untuk memastikan peristiwa tersebut Polrestabes mendatangi TKP. Ada tim piket bersama identifikasi," kata Hendro kepada media di Mapolrestabes Surabaya, Kamis (18/1/2023).

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Surabaya Hari Ini 19 Januari 2024 : Pagi Hujan Ringan, Malam Berawan

Kemudian, kata Hendro, aparat kepolisian menemukan sejumlah kejanggalan di rumah yang juga dijadikan toko kelontong itu. Yakni seperti pagar rusak, serta hilangnya sejumlah barang.

"Setelah didatangi ternyata ada dugaan peristiwa lain. Ada beberapa barang yang hilang dan ada akses masuk, (seeprti di) jendela, pagar sebelah dan pintu yang rusak," jelasnya.

Baca juga: Videotron Anies Baswedan Muncul di Surabaya, Disebut Gerakan Spontanitas

Korban pun mengakui adanya upaya pencurian disertai dengan kekerasan yang menimpanya, sekitar pukul 01.00 WIB. Akhirnya, dia membuat laporan ulang dengan pasal berbeda.

"Pihak korban melaporkan peristiwa (Pasal) 365 KUHP (terkait pencurian disertai kekerasan) tersebut, dan sudah dilakukan oleh TKP," ujarnya.

Merespons itu, polisi kembali mendatangi rumah korban untuk mencari sejumlah bukti tambahan. Namun, Hendro tak merinci barang yang diamankan untuk memperkuat proses penyelidikan tersebut.

"Hari ini juga dilakukan kembali olah TKP untuk optimalisasi beberapa hal yang kami tajamkan. Untuk progres masih kami lakukan penyelidikan lebih lanjut," ucapnya.

"Sudah diidentifikasi beberapa barang bukti yang ada di TKP, kemudian hari ini sudah diinterogasi untuk korban," tambah Hendro.

Diberitakan sebelumnya, TYC, warga Jalan Simo Jawar, Sukomanunggal, melaporkan dugaan perampokan dan pencabulan saat menjaga toko kelontongnya pada Rabu (17/1/2024) sekitar pukul 01.00 WIB.

Ketika itu, kata korban, pelaku sengaja menjebol tembok rumahnya yang berdampingan dengan bangunan bekas pabrik. Pria tersebut langsung mematikan lampu penerangan.

Kemudian, pelaku perampokan tersebut mengikat kedua tangan korban menggunakan tali rafia. Selain itu, TYC mengaku dicekik dan diikat di bagian lehernya, hingga kesulitan bernapas.

"Pelaku ancam, katanya (pelaku) jangan berteriak, jangan minta tolong, awas. Bagaimana mau minta tolong, tangan dan mulut saya (diikat) seperti itu," kata TYC, kepada wartawan, di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (17/1/2024).

Pelaku kemudian meminta untuk diberitahu tempat menyimpanan barang berharga yang ada di rumah tersebut. Akan tetapi, korban sendiri sama sekali tidak merespons permintaan itu.

"Pelakunya nemuin sendiri, (handphone) smartphone sama Nokia, terus ambil uang Rp 250.000 di dompet, sama ATM. Ambil dua (bungkus) rokok sama kricikan (uang koin) juga," ujarnya.

TYC merasa, peristiwa perampokan yang dialaminya tersebut berlangsung cukup lama. Bahkan, dia sempat mendapatkan pelecehan seksual ketika pelaku masih berada di rumahnya.

"Ini tangan saya bekas ngelawan dan ditali akhirnya bengkak, terus muka saya juga lebam, ini mata saya merah dipukul sama pelaku," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com