Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.500 Aparat Gabungan Disiagakan di Gereja selama Natal di Surabaya

Kompas.com - 24/12/2023, 21:24 WIB
Andhi Dwi Setiawan,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 2.500 aparat gabungan akan disiagakan selama berlangsungnya perayaan Natal 2023. Hal tersebut untuk mengantisipasi bila ada gangguan selama ibadah masih digelar.

Kabag Ops Polrestabes Surabaya, AKBP Wibowo mengatakan, total 2.500 petugas tersebut berasal dari Polri, TNI, Pemerintah Kota (Pemkot), serta sejumlah organisasi masyarakat.

"Sebagian besar sudah disterilisasi, ada 20 gereja. Sampai sekarang menerima laporan sterilisasi semua aman," kata Wibowo ketika dihubungi melalui telepon, Minggu (24/12/2023).

Baca juga: Tim Jibom Sterilisasi 13 Gereja dan 37 Rumah Ibadah di Bandung

"Sterilisasi itu untuk memastikan tempat yang dilakukan (ibadah) aman tidak ada benda mencurigakan, atau benda yang menimbulkan sesuatu yang membahayakan," tambah dia.

Setelah sterilisasi, puluhan gereja tersebut dijaga sejumlah petugas. Hal itu untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan selama ibadah berlangsung.

"Sudah disampaikan personil untuk mengawal dan koordinasi dengan pihak gereja. Ada kewajiban internal gereja membantu pengamanan, contoh sterilisasi, dan internal screening jemaah," jelasnya.

Baca juga: H-1 Natal, Arus Kendaraan yang Masuk Tol Jateng Mulai Meningkat

Wibowo mengungkapkan, apabila ada seseorang yang mencurigakan akan langsung ditindak tegas. Sebab, dianggap dapat mengganggu kenyamanan para jemaah yang merayakan Natal.

"Hampir seluruh gereja dilakukan pengamanan secara terbuka dan tertutup. Harapannya agar seluruh umat Kristen bisa melaksanakan Natal dengan khidmat," ucap dia.

Dengan demikian, masyarakat diminta agar membantu menjaga kondusivitas selama perayaan Natal. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga toleransi antar umat beragama di Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com