Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PAN Beri Rekomendasi pada Khofifah untuk Maju Kembali di Pilkada Jatim

Kompas.com - 04/12/2023, 19:38 WIB
Achmad Faizal,
Andi Hartik

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi partai pertama yang mengusung Khofifah Indar Parawansa untuk Pilkada Jawa Timur pada November 2024 mendatang.

Surat resmi dukungan diberikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat acara konsolidadi calon legislatif PAN di Surabaya pada Senin (4/12/2023). Pemberian rekomendasi ini setahun lebih awal dari jadwal Pilkada Jatim 2024.

Acara tersebut memang tidak biasa, karena Khofifah hadir di tengah acara partai di saat jam kerja. Biasanya, Khofifah tidak pernah hadir dalam acara partai.

Baca juga: Khofifah Sebut UMK Jatim 2024 Adil bagi Pekerja dan Pengusaha

"Saya sengaja datang ke Jatim dan Bu Khofifah saya minta hadir karena saya akan umumkan cagub Jatim yang diusung PAN," kata Zulkifli Hasan.

Dalam kesempatan itu, Zulhas langsung memberikan berkas surat dukungan resmi kepada Khofifah yang dipanggilnya secara khusus di atas panggung.

"PAN beri rekomendasi agar Bu Khofifah kembali melanjutkan pembangunan 5 tahun ke depan," kata Zulhas.

Baca juga: Khofifah Tetapkan UMK Jatim 2024, Surabaya Tertinggi dan Bondowoso Terendah

Ketua DPW PAN Jatim Ahmad Rizki Sadig menyebut, kepemimpinan Khofifah terbukti sukses mendorong transformasi Jatim menjadi provinsi yang maju, mampu mendatangkan kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat.

"Jatim adalah kunci peta politik nasional. Karena itu PAN Jatim dengan tekad bulat ingin mendorong kembali Ibu Khofifah kembali mendapatkan kepercayaan pada pentas kepemimpinan Jatim untuk melanjutkan kesuksesan yang telah diraih," terangnya.

Khofifah sendiri mengapresiasi PAN sebagai partai yang pertama kali memberikan rekomendasi kepada dirinya untuk maju di Pilkada Jatim 2024.

"Tentu saya sampaikan terima kasih, apresiasi bahwa PAN mengawali proses pemberian dukungan untuk saya maju kembali pada Pilgub Jatim 2024. Mohon doa semuanya," kata Khofifah.

Di Pilkada Jatim 2018, Khofifah maju dengan menggandeng Emil Elistianto Dardak. Pasangan ini diusung enam partai, termasuk PAN. Lima partai lainnya adalah Demokrat, Golkar, Nasdem, PPP, dan Hanura.

Khofifah-Emil mengalahkan pasangan lawannya, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno yang diusung oleh PDI-P, PKB, PKS, dan Partai Gerindra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com