Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersama Anies Sowan ke Kiai di Jombang, Cak Imin: Didoakan Supaya Lancar

Kompas.com - 29/09/2023, 20:58 WIB
Moh. Syafií,
Krisiandi

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden, Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, bertemu dengan sejumlah kiai dari Jombang dan Jawa Timur, di Pesantren Manbaul Ma’arif Denanyar, Kabupaten Jombang, Jumat (29/9/2023).

Pertemuan digelar di Ndalem Kasepuhan Pondok Pesantren Manbaul Ma’arif Denanyar.

Usai pertemuan, Cak Imin mengungkapkan, pertemuan antara dirinya bersama Anies dan kiai-kiai Jombang dan Jatim menjadi momentum untuk mendukung dan mendoakan pasangan Anies-Cak Imin, sukses dalam Pemilu 2024.

Baca juga: Di Jatim, Prabowo Temui Kiai, Anies-Cak Imin Safari ke Ponpes

“Pertemuan dengan kiai dan bu nyai intinya hanya mendoakan, doa bersama untuk perjalanan kami supaya lancar, selamat, berkah, dan sukses. Doa dipimpin oleh ibu saya sendiri dan beberapa ibu Nyai,” kata Cak Imin.

Di pesantren yang didirikan kakek buyutnya, KH. Bisri Syansuri, Cak Imin juga melakukan pertemuan untuk meminta restu kepada kiai-kiai terhadap pencalonannya bersama Anies dalam Pilpres 2024.

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa itu menjelaskan, restu dari kiai sangat penting untuk pasangan Anies-Cak Imin yang akan terjun dalam percaturan Pilpres sebagai Capres - Cawapres.

Apalagi pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, restu dari para kiai di Jombang adalah restu kepada Cak Imin sebagai calon presiden.


“Saya diberangkatkan dari Jombang sebagai Capres pada waktu itu. Pada hari ini, saya pamit di Jombang bahwa saya sudah bertekad bulat menjadi cawapres bersama capres Mas Anies Baswedan,” ujar Cak Imin.

Baca juga: Cak Imin Puji Karier Politik Anies yang Makin Meroket Usai Di-reshuffle dari Menteri

“Mohon doa restu dari seluruh masyarakat khususnya dari tempat kelahiran saya ini di Denanyar, dan masyarakat Jombang para kiai, para ulama Jombang pada umumnya,” lanjut Muhaimin Iskandar.

Dalam safari politik di Pesantren Manbaul Ma’arif Denanyar, kedatangan Anies dan Cak Imin disambut ratusan lebih relawan dan pendukungnya.

Di sela pertemuan dengan kiai dan bu nyai, keduanya menemui relawan dan pendukung yang menyambut, kemudian menyampaikan orasi.

Baca juga: Tanggapi Pertemuan Prabowo dengan Para Kiai Jatim, Cak Imin: Kita Satu Komando

Dalam orasinya, pasangan Anies dan Cak Imin, membagikan ribuan bibit pohon sawo kecik dan meminta para relawan dan pendukungnya untuk menanamnya di depan rumah masing-masing.

Adapun pohon sawo kecik yang diminta Anies dan Cak Imin agar ditanam oleh relawan dan pendukungnya, merupakan sejenis tanaman penghasil buah pangan anggota suku sawo-sawoan atau Sapotaceae.

Selain penghasil buah, pohon sawo kecik biasanya berfungsi sebagai tanaman hias pekarangan dan pelindung dari terik matahari.

“(Pohon) sawo kecik itu simbol kesejahteraan, untuk sebagai penanda semangat juang,” ujar Muhaimin menjelaskan maksud pentingnya menanam pohon sawo kecik di depan rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com