Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tendang Pemain yang Sujud Syukur Gol, Atlet Futsal Malang Kena Sanksi

Kompas.com - 20/09/2023, 11:19 WIB
Asip Agus Hasani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BLITAR, KOMPAS.com – Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Blitar, Jawa Timur, mempertanyakan sanksi yang tak kunjung diberikan oleh Komisi Disiplin (Komdis) Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jawa Timur atas insiden yang terjadi saat Tim Futsal Kabupaten Blitar bertanding melawan Tim Futsal Kota Malang pada ajang Proprov VIII Jatim 2023.

Di penghujung babak kedua 8 besar yang berlangsung di Fatkhi Futsal Center, Sidoarjo, Rabu (13/9/2023) siang, seorang pemain dari Tim Futsal Kabupaten Blitar Hanafi Jauhar Ahmad ditendang oleh seorang pemain Tim Futsal Kota Malang saat korban bersujud atas gol ke-5 ke gawang lawan yang dicetak oleh rekannya, Nico Saputra.

Wakil Ketua AFK Blitar Febry Wahyu Wiyono mengatakan, hingga saat ini Komdis AFP Jawa Timur belum mengumumkan sanksi atas pelanggaran yang dilakukan oleh pemain Tim Futsal Malang Kota yang terjadi satu pekan lalu itu.

“Sebelum peristiwa itu, pada pertandingan antara Tim Futsal Malang Kota melawan Tim Futsal Kabupaten Pasuruan terjadi juga insiden serupa. Komdis segera menjatuhkan sanksi. Nah, ini sudah satu pekan sampai sekarang belum ada sanksi dari Komdis,” ujar Febry kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (19/9/2023) malam.

Baca juga: Buntut Ricuh Pertandingan Futsal di NTT, 9 Orang Ditetapkan sebagai Tersangka

Febry berharap Komdis AFP Jawa Timur menjatuhkan sanksi atas insiden yang dialami oleh Tim Futsal Kabupaten Blitar sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sanksi yang tegas sesuai regulasi yang ada, lanjutnya, penting untuk pembelajaran bagi pihak-pihak lain di dunia futsal Indonesia dan khususnya Jawa Timur.

“Harapan kami Komdis memberikan putusan segera sesuai regulasi yang ada untuk pembelajaran bagi yang lain di futsal,” ujarnya.

Kronologi kejadian

Febry menjelaskan, pertandingan antara Tim Futsal Kota Malang melawan Tim Futsal Kabupaten Blitar yang berlangsung selama 2 jam mulai pukul 12.00 WIB hingga sekitar 14.00 WIB itu berlangsung dalam tensi yang relatif normal pada babak pertama selama 20 menit.

Namun, selama 20 menit berikutnya pada babak kedua, lanjut Febry, pemain Tim Futsal Kota Malang mulai bermain keras dan menekan setelah kebobolan 2 gol pada babak pertama.

Di tengah tekanan Tim Futsal Kota Malang, para pemain Tim Futsal Kabupaten Blitar justru kembali dapat menjebol pertahanan lawan dengan mencetak tambahan 3 gol, sehingga hasil akhir pertandingan adalah 5-0 untuk kemenangan Tim Futsal Kabupaten Blitar.

Kerasnya tekanan Tim Futsal Kota Malang, lanjut Febry, terbukti dari banyak pelanggaran yang dilakukan oleh pemain Tim Futsal Kota Malang, yakni 10 pelanggaran yang memberikan 5 kali kesempatan tendangan penalti titik kedua bagi Tim Futsal Kabupaten Blitar.

Namun, kata dia, hanya 1 dari 5 tendangan penalti yang didapat Tim Futsal Kabupaten Blitar pada babak kedua itu yang membuahkan gol.

“Gol ke-5 dicetak oleh Nico Saputra pada menit ke-39 lebih 40 detik melalui tendangan penalti titik kedua, jarak 10 meter dari gawang. Gol inilah kemudian Hanafi bersujud syukur. Tapi tiba-tiba seorang pemain Kota Malang menendang tubuhnya, kena bagian bahu kanan, bukan kepala ya,” tutur Febry.

Menurut Febry, Hanafi pun harus mendapatkan perawatan tim medis seperti pengompresan dengan es serta pemijatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com