Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roda Belakang Lepas, Truk Muatan Kayu Terguling di Jombang, 1 Tewas

Kompas.com - 24/08/2023, 11:55 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Sebuah truk bermuatan kayu bakar terguling akibat roda belakang terlepas.

Akibat kecelakaan tersebut, satu penumpang tewas, serta dua penumpang terluka.

Peristiwa itu terjadi di Jalan Dusun Jenisgelaran, Desa Jenisgelaran, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (24/8/2023).

Baca juga: Dosen ITS Alami Kecelakaan, Mobilnya Tabrak Pohon dan Terbalik

Kanit Gakkum Satlantas Polres Jombang Ipda Anang Setiyanto, membenarkan adanya kecelakaan truk pengangkut kayu yang menyebabkan 1 orang meninggal dunia.

Korban meninggal adalah Agit Dwi Candra Kusuma (21), warga Dusun Notorejo, Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. 

“Korban mengalami luka dan meninggal dunia di lokasi kejadian,” kata Anang, saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (24/8/2023).

Baca juga: Kendarai Mobil, Pelajar 17 Tahun di Surabaya Alami Kecelakaan

Selain satu orang tewas, ada satu korban mengalami luka ringan, serta satu orang luka berat dan dilarikan ke RSK Mojowarno. Adapun pengemudi truk, Amin Tohari (41), dinyatakan selamat.

Pengemudi dan semua penumpang truk, berasal dari Desa Wonosalam, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Anang menuturkan, berdasarkan kronologi yang dihimpun petugas, truk yang memuat kayu tersebut awalnya melaju dari arah Wonosalam menuju ke arah Bareng.

Baca juga: Tabrakan 2 Sepeda Motor di Tajur Bogor, 1 Mahasiswa Tewas

Ada empat orang di atas truk tersebut, terdiri dari pengemudi, serta 3 orang kuli. Dua orang duduk di kabin depan bersama pengemudi, sedangkan satu orang naik di atas bak truk.

Anang mengatakan, saat melaju di jalan Dusun Jenisgelaran, roda belakang truk tiba-tiba terlepas. Akibat lepasnya roda belakang, pengemudi gagal mengendalikan kendaraan sehingga oleng ke kiri lalu menabrak pembatas.

Setelah menabrak pembatas jalan, truk pengangkut kayu bakar tersebut kemudian terguling. Salah satu penumpang yang naik di bagian belakang truk terjatuh, lalu tertimbun kayu.

“Petugas sudah melakukan olah TKP dan memeriksa keterangan saksi. Kasusnya ditangani Satlantas Polres Jombang,” kata Anang.

Dia menambahkan, kecelakaan tersebut dipicu lepasnya roda belakang truk. Untuk menghindari kecelakaan serupa, para pengemudi kendaraan diminta melakukan pengecekan fungsi kendaraan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com