Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

49.706 Tiket Kereta Lebaran Sudah Terjual di Daop 8 Surabaya

Kompas.com - 28/02/2024, 06:00 WIB
Andhi Dwi Setiawan,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Calon penumpang kereta api sudah bisa membeli tiket angkutan Lebaran dan arus balik. Saat ini, sudah ribuan orang sudah melakukan pembelian untuk jadwal keberangkatan dari Surabaya.

Diketahui, tiket angkutan Lebaran sudah dijual, sejak Kamis (15/2/2024), dengan pemesanan tiket H-45. Sedangkan, penjualan tiket arus balik baru dibuka, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: Masih Ada 6.000 Ton, Bulog Dramaga Bogor Pastikan Stok Beras Aman hingga Lebaran

"Harap diperhatikan dan teliti dalam menginput data identitas penumpang, tanggal berangkat dan jadwal perjalanan, agar tidak ada kekeliruan pemesanan," kata Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, ketika dikonfirmasi melalui pesan, Rabu (28/2/2024).

Luqman mengungkapkan, terkait dengan harga tiket kereta api pada periode libur Lebaran tersebut, tetap mengacu pada ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB) dan Tarif Batas Atas (TBA).

"Adapun harga tiket untuk KA PSO (Public Service Obligation) atau yang mendapat subsidi, tarifnya selalu tetap sesuai dengan tarif yang telah ditentukan oleh pemerintah," ujarnya.

Baca juga: Jadwal dan Harga Tiket Bus Pandawa 87 Jakarta-Surabaya

Dia melajutkan, saat ini total tiket Lebaran yang sudah terjual ada sebanyak 49.706 tiket.

Ribuan penumpang tersebut berangkat di tanggal 31 Maret hingga 11 April 2024, atau H-10 sampai H-2 lebaran.

"Pada masa arus mudik tersebut, pemesanan terbanyak terjadi pada tanggal 5 sampai 8 April, dengan 28.413 tiket KA jarak jauh sudah dipesan oleh masyarakat," jelasnya.

Sedangkan, stasiun dengan pemberangkatan terbanyak ada di Stasiun Surabaya Gubeng dengan 16.065 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasarturi 12.163 penumpang, Stasiun Malang 7.080.

"Mayoritas didominasi dengan pelanggan tujuan Semarang, Madiun, Solo, Jember, Banyuwangi, Yogyakarta, Bandung, hingga Jakarta," ucapnya.

Baca juga: Truk Tangki Elpiji Terguling di Bypass Mojokerto Arah Surabaya, 3 Orang Terluka

Selanjutnya, KA keberangkatan Daop 8 yang tiketnya terbanyak terpesan adalah KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen, KA Sritanjung relasi Ketapang - Surabaya Gubeng - Lempuyangan.

Lalu, KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng - Yogyakarta, KA Tawangalun relasi Malang Kotalama - Ketapang, KA Jayabaya relasi Malang - Pasarsenen, serta KA Sembrani relasi Surabaya Pasarturi - Gambir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com