Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Damkar Lamongan Evakuasi Kera yang Meresahkan Warga

Kompas.com - 03/10/2023, 17:16 WIB
Hamzah Arfah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Korwil Lamongan mengevakuasi kera dewasa yang sempat membuat warga Desa Pandanpancur, Kecamatan Deket, Lamongan, Jawa Timur, ketakutan.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Satpol PP Lamongan Siswanto mengatakan, dari informasi yang didapat pihaknya, kera tersebut pertama kali muncul dan mulai berkeliaran, Minggu (1/10/2023).

Kera tersebut sering berusaha masuk ke rumah warga untuk mencari makanan dan tidak jarang pula menyerang penghuni warga.

Baca juga: Kekeringan, Kera Liar Masuk Permukiman Warga di Semarang untuk Cari Makan

"Kalau diukur ya tingginya separuh dari tinggi rata-rata orang dewasa, atau (sekitar) sepaha orang dewasa," ujar Siswanto kepada awak media, Selasa (3/10/2023).

Lima petugas Damkar dari Korwil Lamongan kemudian terjun ke lokasi untuk melakukan evakuasi kera tersebut. Butuh waktu sekitar 1 jam bagi petugas untuk dapat memindah kera itu.

"Baru bisa dievakuasi, setelah terpojok di atap genting rumah warga," ucap Siswanto.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut mengenai asal kera tersebut, Siswanto mengaku belum mengetahuinya.

Terlebih warga Desa Pandanpancur tidak ada yang mengaku memiliki peliharaan kera dan terlepas. Lokasi juga bukan kawasan hutan spesies kera.

"Kemungkinan liar, karena warga juga tidak ada yang mengaku memiliki monyet (kera). Pada tubuh monyet, juga tidak ditemukan bekas ikatan tali atau rantai," kata Siswanto.

Baca juga: Detik-detik Pengendara Motor Diserang Kawanan Kera Saat Boncengkan Anaknya, Korban Dapat 21 Jahitan

Siswanto menambahkan, kera yang dievakuasi dari Desa Pandanpancur tersebut saat ini berada di kantor Satpol PP Lamongan. Menurut rencana, kera tersebut bakal dilepasliarkan pada habitat aslinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com