Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutan Terbakar di Kawasan Pegunungan Ijen Capai 10 Hektar

Kompas.com - 27/06/2023, 09:26 WIB
Rizki Alfian Restiawan,
Krisiandi

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di kawasan pegunungan Ijen, wilayah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, pada Senin (26/6/2023) malam.

Kebakaran tersebut terjadi tepat di Petak 101 dengan vegetasi berupa ilalang di wilayah hutan lindung daerah Curah Penai, Dusun Curah Macan, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen.

"Titik Koordinat berada di -8.069119,114.212296," kata Kasi Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Anang Bachtiar, kepada Kompas.com, Selasa (27/6/2023).

BPBD Bondowoso, ungkap Anang, menerima laporan awal kebakaran hutan dan lahan di pegunungan Ijen sekitar pukul 18.00 Wib.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Bengkalis Riau, Petugas Masih Berjibaku dengan Api

Anang mengatakan, luasan kebakaran hutan dan lahan yang terdampak tersebut diperkirakan mencapai 10 hektar.

"Setelah kita mendapatkan visualisasi lebih dekat dari lokasi Curah Penai, bisa diperkirakan luasan kebakaran kurang lebih 10 hektar," ungkap Anang.

Wilayah terdampak Karhutla tersebut berubah setelah dilakukan pemantauan lebih lanjut. Sebelumnya luas perkiraan yang terbakar sekitar 5 hektar.

"Titik pantauan di Kalipahit dengan estimasi jarak pantauan kurang lebih 1 kilometer," ucap Anang.


Menurut Anang, medan lokasi Karhutla di kawasan pegunungan Ijen tersebut sulit untuk dijangkau. Sehingga menyulitkan petugas dalam melakukan asesmen.

"Untuk penanganan masih berupa pemantauan, karena lokasi kebakaran tidak dapat dijangkau baik kendaraan maupun berjalan kaki," terang Anang.

Baca juga: Hutan di Kawasan Ijen Terbakar

Hingga saat ini, penyebab Karhutla di kawasan pegunungan Ijen tersebut masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh pihak terkait.

Sementara penanganan Karhutla itu melibatkan sejumlah lintas elemen. Di antaranya Pemdes Kalianyar, BPBD, Perhutani KPH Ijen, Koramil, Polsek, Kecamatan Ijen, dan Satpol PP.

Selain itu juga melibatkan Agisena 5.5 BPBD Jawa Timur dan masyarakat sekitar yang terdampak karhutla. Kendaraan pendukung dari BPBD juga turut disiagakan.

Sebagai informasi, Gunung Ijen berada di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com