Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPS: Kasus HIV/AIDS di Situbondo Mencapai 1.297 Kasus

Kompas.com - 03/04/2023, 16:25 WIB
Ridho Abdullah Akbar,
Andi Hartik

Tim Redaksi

SITUBONDO, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Situbondo mencatat, selama 2022, kasus HIV/AIDS di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, sebanyak 1.297 kasus.

Kepala BPS Kabupaten Situbondo, Bagas Susilo menyatakan, kasus HIV/AIDS yang terdata tersebut masuk dalam 10 penyakit terbanyak yang diderita oleh masyarakat di Situbondo selama 2022.

10 penyakit itu meliputi gagal ginjal 8.382 kasus, katarak 2.771 kasus, hipertensi 2.462 kasus, diabetes 2.321 kasus, pseudofakia 1.872 kasus, hiperplasia prostat 1.741, batu ginjal 1.550, nyeri punggung bawah 1.421 kasus dan HIV/AIDS mengakibatkan infeksi sebahyak 1.297.

Baca juga: Pemkab Situbondo Telusuri Dugaan Pejabat Terseret Kasus Penipuan Robot Trading Smart Avatar

 

Foto: Kantor BPS Kabupaten Situbondo di Jalan Raya Wringinanom.KOMPAS.com / Ridho Abdullah Akbar Foto: Kantor BPS Kabupaten Situbondo di Jalan Raya Wringinanom.
Menurut Bagas, data tersebut merupakan data yang tercatat di RSUD Abdoer Rahem Kabupaten Situbondo.

"Itu 10 kasus terbanyak yang tercatat di RSUD Abdoer Rahem selama 2022 yang tercatat di Kabupaten Situbondo Dalam Angka 2023," katanya kepada Kompas.com, Senin (3/4/2023).

Baca juga: Kasus TBC di Situbondo Tembus 1.188 Sepanjang 2022, Dinkes Ungkap Penyebabnya

Gilang, staf di Bagian Pengolahan Data BPS Situbondo menyatakan, data jumlah penderita penyakit tersebut dikeluarkan secara resmi oleh RSUD Abdoer Rahem. Tercatat, ada 10 penyakit yang paling banyak diderita oleh warga Kabupaten Situbondo.

"Terkait itu kami sudah meminta kepada Dinas Kesehatan Situbondo terkait 10 penyakit berbahaya, namun pihak dinas tidak mampu melakukan permintaan kami," kata Gilang melalui sambungan telepon, Senin.

Dia juga menyatakan, kasus HIV/AIDS dan data kasus penyakit lainnya itu berdasarkan data laporan pasien yang tercatat di RSUD Abdoer Rahem.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo belum bisa dikonfirmasi terkait data penyakit yang ada di BPS Kabupaten Situbondo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com