Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membaik, Pasien Gagal Ginjal Akut Asal Magetan yang Dirawat di Yogyakarta Dipulangkan dari RS

Kompas.com - 07/11/2022, 10:49 WIB
Sukoco,
Andi Hartik

Tim Redaksi

MAGETAN, KOMPAS.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Jawa Timur, memastikan, pasien gagal ginjal akut berusia 7 tahun yang dirawat di Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta kondisinya mulai membaik dan sudah dipulangkan dari rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Rohmat Hidayat mengatakan, kepastian kepulangan pasien gagal ginjal akut tersebut diterima dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

"Kita terima informasi dari dinas provinsi (Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur), karena sistem pelaporannya dari rumah sakit ke Kementerian Kesehatan, kondisi pasien membaik tapi pulangnya ke rumah saudaranya di Yogyakarta,” ujar Rohmat melalui sambungan telepon, Senin (7/11/2022).

Baca juga: 7.000 Warga Masuk Kategori Miskin Ekstrem, Ini Langkah Pemkab Magetan

Rohmat menambahkan, pihaknya belum mengetahui pasti informasi lengkap terkait kondisi terkini pasien asal Desa Karangrejo tersebut pasca-menjalani perawatan di rumah sakit.

"Mestinya kalau sudah dipulangkan itu kondisinya pasti stabil, tapi kita belum tahu apakah harus kontrol atau bagaimana,” imbuhnya.

Baca juga: Apotek Magetan Tak Jual Obat Sirup, Anak Demam Disarankan Dibawa Ke Dokter

Pihaknya mengimbau kepada toko obat dan apotek untuk tidak menjual obat dalam bentuk cair maupun sirup yang masih ditangguhkan penjualannya oleh pemerintah.

"Pemerintah sudah mengeluarkan edaran sejumlah obat sirup yang sudah dibolehkan untuk diresepkan, kita minta kepada toko obat maupun apotek untuk mematuhi tidak menjual obat yang belum direkomendasikan pemerintah. Kita sarankan orangtua untuk memeriksakan anak yang sakit, jangan mengobati sendiri,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com