Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Ekstrem, KM Sabuk Nusantara Berpenumpang 129 Orang Nekat Berlayar dari Kepulauan Masalembu Sumenep

Kompas.com - 30/12/2022, 15:04 WIB
Ach Fawaidi,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

SUMENEP, KOMPAS.com - Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 91 nekat berlayar dari Kepulauan Masalembu menuju Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur meski cuaca ekstrem masih terjadi di perairan Sumenep.

Kapten KM Sabuk Nusantara 91, Budi Suherman mengaku, pihaknya nekat melakukan pelayaran usai tertahan selama lima hari di Pulau Masalembu.

Selain itu, kecepatan angin dan gelombang juga sudah mengalami penurunan.

Baca juga: Polres Sumenep Tangkap 144 Tersangka Kasus Narkoba Selama 2022, 2 di Antaranya PNS

"Selama tanggal 23-26 Desember kecepatan angin itu kurang lebih 40-60 knots, jadi saya tahan dulu (di Masalembu). Kemudian tanggal 27 (kecepatan angin) berkurang, makanya saya putuskan berangkat," kata Suherman dalam keterangannya, Jumat (30/12/2022).

Suherman mengaku, saat kecepatan angin dan tinggi gelombang sudah sedikit mereda pada Selasa (27/12/2022), ia langsung mengirimkan surat pelayaran kepada Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Masalembu.

Hasilnya, ia diizinkan melakukan pelayaran dengan sejumlah catatan, salah satunya mengenai kecepatan kapal. Bersama 129 penumpang, ia kemudian tiba di Pelabuhan Kalianget Sumenep pada Kamis (29/12/2022).

Baca juga: Libur Nataru, Terminal Arya Wiraraja Sumenep Siapkan 20 Bus Tambahan

"Kalau tidak diberangkatkan lagi hari Rabu kemarin, cuaca sudah lebih ekstrem lagi dan ketinggian gelombang bisa mencapai 4-5 meter," kata dia.

Kini, KM Sabuk Nusantara 91 sudah bersandar di Pelabuhan Kalianget.

Kendati demikian, pelayaran berikutnya masih akan menyesuaikan surat rekomendasi dari instansi terkait termasuk prakiraan cuaca dari BMKG.

"Terakhir info dari BMKG tanggal 5 Januari 2023 baru (cuaca) membaik. Kita tunggu saja, yang jelas kami akan ikuti semua prosedur yang ada," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com