Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Sekolah Diklaim Milik Orang, Murid TK di Lumajang Numpang Belajar di Rumah Warga sejak 6 Bulan Terakhir

Kompas.com - 15/05/2024, 11:44 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Murid TK Dharma Wanita Desa Sawaran Lor, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terpaksa menumpang ke rumah warga untuk melakukan kegiatan belajar mengajar.

Kepala Sekolah TK Dharma Wanita Sawaran Lor, Maria Ulfa, mengatakan, para murid tak bisa berkegiatan di sekolah sejak November 2023.

Kata Maria, sekolah yang mereka tempati saat ini diklaim oleh seorang warga yang mengaku berhak memiliki lahan tersebut.

Kini bangunan TK Dharma Wanita Sawaran Lor tampak tutup dengan tulisan dijual.

"Sebenarnya sejak 2019 sudah berpolemik bahkan berkali-kali TK ditutup. Seorang warga yang nge-klaim jika itu (bangunan) tanah ibunya dulu (warisan)," ujar Maria ketika dikonfirmasi, Selasa (14/5/2024).

Baca juga: Cak Thoriq Resmi Diusung PKB Jadi Bacabup Lumajang

Maria mengaku, dirinya sebagai kepala sekolah tak bisa berbuat banyak atas polemik tersebut. Dirinya hanya mengupayakan tetap memberikan kegiatan mengajar kepada peserta didik.

Di rumah warga tersebut, para murid berjumlah 23 orang melakukan kegiatan belajar seadanya, tanpa fasilitas lengkap seperti di sekolah.

"Yang saya pikirkan bagaimana kini anak-anak tetap bisa belajar," ungkapnya.

Terakhir, Maria berharap polemik tersebut segera berakhir dan kegiatan belajar mengajar di sekolah bisa kembali berjalan.

Sementara itu, Kepala Desa Sawaran Lor, Didik Hermanto, mengatakan, tanah dan bangunan TK tersebut merupakan aset pemerintah desa, tetapi masih berdokumen letter C dan belum sertifikat.

Perihal polemik yang terjadi, Pemdes Sawaran Lor tengah mengupayakan koordinasi.

"Saat ini sedang diurus di kecamatan katanya 6 bulan (agar nanti bersertifikat). Semoga segera ada solusi," ucap Didik.

Baca juga: Bayi Baru Lahir Ditemukan Dalam Tas di Tengah Kebun Tebu Lumajang

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Nasib Pilu Murid TK di Lumajang Tergusur Tak Bisa Belajar di Sekolah, Numpang ke Rumah Warga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com