Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Demokrat Gabung ke Koalisi Prabowo, Cak Imin: Selamat

Kompas.com - 18/09/2023, 13:42 WIB
Andhi Dwi Setiawan,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memberikan selamat kepada Koalisi Indonesia Maju (KIM) atas bergabungnya Partai Demokrat ke koalisi pendukung Prabowo Subianto.

"Tentu selamat kepada KIM," kata Cak Imin, usai menghadiri acara wisuda di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Senin (18/9/2023).

Baca juga: Cak Imin Pertimbangkan Najwa Shihab Pimpin Timnas Pemenangan Amin

Cak Imin mengatakan, dengan pergerakan Partai Demokrat tersebut membuat KIM semakin kuat. Selain itu, peta politik dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin jelas.

"Sehingga semakin mengkokohkan barisan tambahan dan kita semakin mempercepat kristalisasi peta politik yang ada," jelasnya.

Baca juga: Gabungnya Demokrat ke Koalisi Pengusung Prabowo Disebut Sebagai Ajang Reuni

Lebih lanjut, Cak Imin juga menghormati pilihan Partai Demokrat yang memilih mendukung Prabowo Subianto. 

"Tentu menyambut, menghormati pilihan Demokrat sebagai pilihan untuk kepentingan yang mereka sudah hitung sendiri," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, bakal calon presiden (bacapres), Anies Baswedan sempat berharap agar Partai Demokrat kembali bergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Hal itu diungkapkan Anies, saat hendak melakukan ziarah dalam kegiatan Tour De Wali Songo, ke makam Raden Ahmad Rahmatillah atau Sunan Ampel, Surabaya, Sabtu (9/9/2023).

"Kami berharap kekuatan ikhtiar perubahan ini, juga terjaga dengan demokrat masih bersama-sama," kata Anies, ketika berada di Hotel Arcadia.

Sebab, kata Anies, masuknya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke koalisi KPP tersebut bertujuan untuk menambah kekuatan, dalam menghadapi Pilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Tentu, berkali-kali kami sampaikan juga, kehadiran PKB adalah menambah kekuatan," jelasnya.

Baca juga: Sempat Komunikasi Intens tapi Demokrat Pilih Dukung Prabowo, PDI-P: Belum Berjodoh

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya memastikan pihaknya sudah resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden (bacapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dukungan itu disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat mengunjungi Prabowo di kediamannya, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

“Ketua Umum Partai Demokrat menyampaikan hasil keputusan MTP (Majelis Tinggi Partai) Demokrat yang menyatakan Partai Demokrat mendukung Pak Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024,” ujar Riefky dalam keterangannya, seperti dilansir dari pemberitaan Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com