Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Varian Omicron Ditemukan di Surabaya, Polda Jatim Tingkatkan Pemeriksaan di Sejumlah Titik

Kompas.com - 04/01/2022, 21:00 WIB
Dheri Agriesta

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Polda Jawa Timur memperketat pemeriksaan di sejumlah pintu masuk ke wilayah tersebut untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron.

"Pengetatan ini dalam artian kami giatkan pemeriksaan, juga menurunkan tim untuk melakukan tracing dan testing," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Polisi Gatot Repli Handoko di Surabaya, seperti dikutip dari Antara, Selasa (4/1/2022).

Baca juga: Hotel di Bali Sempat Jadi Tempat Menginap Pasien Omicron, Begini Penjelasan Pengelola

Polda Jatim meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah dan Kodam V/Brawijaya.

"Yang jelas, untuk penanganan Omicron kami lakukan sama halnya waktu kami menangani masuknya varian Delta di Jawa Timur," ucap perwira menengah Polri tersebut.

Polda Jatim belum berniat membatasi mobilitas masyarakat. Saat ini, polisi akan melakukan pemeriksaan terhadap warga yang berasal dari luar Jawa Timur.

Tim Covid-19 Hunter dan mobil polymerase chain reaction (PCR) akan kembali diterjunkan.

Terkait temuan kasus positif varian Omicron itu, Gatot mengimbau masyarakat tetap menaati protokol kesehatan. 

"Kita jangan terlalu euforia dalam hal pandemi Covid-19 ini. Memang, Jatim dinyatakan berkurang (kasusnya), tapi dengan adanya varian Omicron ini kita tidak boleh lengah. Jadi, harus tetap taat prokes dan lebih baik, kalau tidak aktivitas yang penting lebih baik di rumah saja," katanya.

Baca juga: Imigran yang Kabur dari Rudenim Surabaya Diyakini Masih Berada di Wilayah Jatim

Sebelumnya, dua kasus positif Covid-19 varian Omicron ditemukan di Jawa Timur. Temuan itu dikonfirmasi berdasarkan hasil pemeriksaan whole-genome sequencing (WGS) yang keluar pada 2 Januari 2022.

Kasus pertama Omicron ini terdeteksi pada seorang warga Surabaya berinisial TYC yang baru saja kembali dari tempat wisata di Indonesia selama lima hari. TYC berlibur bersama suaminya, SJJ, menggunakan mobil pribadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com