Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yenny Wahid Ziarah ke Makam Gus Dur Sehari Usai Bertemu Prabowo

Kompas.com - 07/09/2023, 20:10 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Sehari setelah bertemu Prabowo Subianto, Zannuba Arifah Chafsoh atau Yenny Wahid, melakukan ziarah ke makam ayahnya, KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. 

Pantauan Kompas.com, Kamis (7/9/2023), Yenny tiba di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, pada pukul 17.05 WIB.

Baca juga: Yenny Wahid Manuver ke Prabowo, PKB: Publik Bisa Bedakan, Mana Kontestan, Mana Follower

Ditemani beberapa koleganya, Yenny memasuki kompleks makam keluarga pengasuh pesantren, kemudian memanjatkan doa dan tahlil di pusara makam Gus Dur.

Selain menziarahi makam sang ayah, Yenny juga berziarah dan berdoa di makam kakeknya, KH. Wahid Hasyim, serta makam kakek buyutnya KH. Hasyim Asy'ari.

Baca juga: Yenny Wahid Bilang Istri Gus Dur Tak Cuma Restui Prabowo, tapi Juga Mendoakan

Putri sulung presiden ke-4 RI tersebut mengatakan, ziarah kali ini menjadi bagian dari ikhtiar dirinya sebelum menetapkan arah dukungan terhadap bacapres pada Pemilu 2024.

Dia tak menampik jika tengah mempertimbangkan dukungan kepada Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo, tetapi tidak untuk pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

“Agar saya memiliki ketetapan hati untuk memilih siapa calon yang terbaik, yang kita anggap sebagai calon yang terbaik untuk memimpin Indonesia,” kata Yenny di Pesantren Tebuireng, Kamis petang.

Menurut dia, baik Ganjar maupun Prabowo yang akan tampil dalam Pilpres 2024, masing-masing memiliki sisi kelebihan dan kekurangan sebagai calon pemimpin bangsa.

Dirinya tidak bisa gegabah dalam menentukan arah dukungan, sehingga perlu melakukan penguatan spiritual sebelum mengambil keputusan.

“Ini harus betul-betul jernih sekali untuk bisa melihat dan memutuskan dengan jernih. Pastinya hal itu butuh tuntunan dari yang maha kuasa dan tuntunan spiritual,” ujar Yenny.

Baca juga: Yenny Wahid: Banyak Kiai NU Punya Simpati Besar ke Prabowo

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Yenny Wahid, di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (6/9/2023) sore.

Usai berbincang dengan Prabowo, Yenny Wahid menyebut jika Prabowo memiliki visi yang luar biasa dan masuk dalam daftar teratas calon presiden yang akan didukung untuk Pilpres 2024. 

"Secara rasional berkomunikasi dengan Pak Prabowo, Pak Prabowo ini punya visi yang sangat luar biasa. Bagi kami Pak Prabowo ini top list," ujar Yenny di rumah Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (6/9/2023). 

Baca juga: Di Hadapan Prabowo, Yenny Wahid: Sekali Buat Keputusan, Saya Setia

Yenny menyampaikan, dalam menentukan pilihan, biasanya dia akan memakai pertimbangan rasional dan spiritual. Untuk pertimbangan spiritualnya, Yenny masih harus berkunjung ke makam Gus Dur sebelum membuat keputusan. 

"Nah kebetulan saya belum sempat ke sana ini. Jadi, dari sisi pertimbanga spiritual memang saya harus melalui itu dulu," kata dia. 

Meski begitu, secara rasional, Yenny merasa sudah punya kesamaan visi dengan Prabowo. Dia hanya tinggal menapaki pertimbangan spiritual sebelum memutuskan capres yang akan didukung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com