Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PAN Tawarkan Erick Thohir ke Prabowo, Sekjen Gerindra: Kunci Cawapres di PKB

Kompas.com - 12/06/2023, 18:05 WIB
Achmad Faizal,
Krisiandi

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengakui, Partai Amanat Nasional (PAN) menawarkan sosok Menteri BUMN Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden ke Prabowo Subianto.

Namun, menurut Muzani, sebagai partai yang menghargai komitmen koalisi, Partai Gerindra tetap mengkomunikasikan tawaran tersebut dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mitra koalisinya.

Seperti diketahui, Prabowo merupakan bakal calon presiden yang diusung Partai Gerindra. Nama Prabowo juga sudah disepakati oleh koalisi Gerindra dan PKB.  

Baca juga: Tanggapi Wacana Prabowo-Muhaimin pada Pilpres 2024, Cak Imin: Tinggal Tunggu Waktu Saja

"Pak Prabowo sangat menjunjung tingggi kesepakatan koalisi dengan PKB," kata Muzani usai menghadiri ujian Doktor Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad di kampus UIN Sunan Ampel Surabaya, Senin (12/6/2023).

Lagi pula, menurut dia, jatah cawapres dalam koalisi Gerindra-PKB, merupakan otoritas penuh PKB karena koalisi ini sudah sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden.

"Golden ticket atau kunci cawapres ada di Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, jadi mau dipakai sendiri atau diberikan calon lain, itu terserah PKB," ujarnya.

Menurut Muzani, baik Gerindra maupun PKB yakin semua komunikasi politik yang dilakukan Prabowo Subianto maupun Muhaimin Iskandar dengan pihak manapun, itu semua untuk kebaikan koalisi.

Baca juga: PAN Sodorkan Erick Thohir sebagai Cawapres ke Megawati dan Prabowo

Sementara itu Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar kepada wartawan Minggu (11/6/2023) kemarin di Surabaya menyebutkan, belum menentukan waktu untuk deklarasi pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar.

Dia mengaku masih akan memantau dinamika politik beberapa waktu ke depan.

"Bagaimana calon-calon lain juga menjadi faktor pertimbangan. Jadi masih berproses," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com