Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Empat Titik Rawan Macet di Madiun Saat Arus Balik Lebaran

Kompas.com - 06/05/2022, 21:55 WIB
Muhlis Al Alawi,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com- Terdapat empat titik rawan macet saat arus balik Lebaran tahun 2022, di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Satlantas Polres Madiun sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan saat arus balik lebaran.

"Jadi ada empat titik rawan kemacetan yang menjadi pantauan kami saat mudik dan arus balik Lebaran. Keempat titik itu yakni di wilayah Selatan Simpang Empat Pagotan dan perempatan Dolopo. Sedangkan wilayah Utara di Simpang Empat Nglames-Rejoagung dan Simpang Empat Exit Gerbang Tol Madiun di Dumpil," kata Kasatlantas Polres Madiun AKP Firman Widyaputra Firman, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Simpang Ajibarang Macet, Kendaraan Menuju Tol Pejagan Diarahkan Lewat Bandung dan Pemalang

Untuk mengurai empat titik yang rawan kemacetan, Satlantas Polres Madiun menyiapkan sejumlah alternatif pengalihan arus lalu lintas hingga rekayasa lalu lintas.

Dia mencontohkan rekayasa di ruas Tol Madiun, pada Rabu (4/5/2022) lalu. Saat itu Gerbang Tol Madiun hanya digunakan untuk jalur masuk. Sementara jalur keluar di gerbang tol Caruban.

Langkah itu dilakukan mengingat saat itu berlangsung kepadatan kendaraan dua arah dari ruas jalan Nglames hingga Gerbang Tol Madiun .

Agar pengguna ruas jalan tak terjebak kemacetan maka arus keluar kendaraan menuju Madiun diarahkan ke gerbang tol Caruban.

Hanya saja bila terjadi kepadatan kendaraan satu arah maka polisi tidak melakukan rekayasa lalu lintas.

Firman memprediksikan puncak arus balik lebaran 2022 di Kabupaten Madiun mulai hari ini hingga Minggu (8/5/2022). Bahkan warga yang melakukan arus balik sejak Rabu (4/5/2022).

Pantuan di simpang Pagotan nampak aparat Polres Madiun mengurai kepadatan kendaraan yang banyak datang dari arah Kabupaten Ponorogo menuju Kota Madiun. Kendaraan yang antre di perempatan itu dari arah Ponorogo menuju Kota Madiun mencapai ratusan meter. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com