Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah Jadi Gubernur, Eh Sang Anak "Nyalon" Bupati

Kompas.com - 09/01/2010, 07:28 WIB

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com  - Peluang Rycko Menoza, putra Gubernur Lampung Sjachroedin ZP untuk memenangi pemilihan Bupati Lampung Selatan kian besar menyusul dukungan PDIP kepadanya.

"Ini fenomena bagus karena sebelumnya Rycko diusung Partai Demokrat, kini PDIP sehingga dukungan kian menguat," kata Suprianto, warga Jatiagung, Lampung Selatan, Sabtu (9/1/10).

Rycko yang juga kader partai berlambang kepala banteng moncong putih itu menilai, peluang Rycko untuk menang semakin besar, tinggal memilih siapa wakilnya. "Kalau mengikuti perkembangan, wakil yang cocok adalah Eki Setianto apalagi keduanya memang sudah lama menjalin persahabatan," katanya.

Rycko Menoza yang merupakan putra sulung Sjachroedin ZP ditetapkan sebagai calon oleh DPP PDIP melalui SK nomor 3106/IN/DPP/I/2010 yang ditandatangani Sekjen PDIP Pramono Anung.

Sebelumnya, pendukung Rycko juga menyatakan peluang "jagonya" menang cukup besar, jika Ketua DPD Partai Demokrat Zulkifli Anwar turut berkampanye.

"Masyarakat Lampung Selatan banyak yang masih menyebut nama bupatinya Zulkifli, padahal sudah berganti beberapa waktu lalu ketika menjelang pemilihan gubernur," kata Sunardi, warga Tanjungbintang, Lampung Selatan. Hal itu, lanjutnya, akan jadi satu keuntungan ketika Zulkifli turun berkampanye untuk Rycko, ia bisa langsung menyebutkan calon penggantinya.

Warga lainnya, Zulhamsyah mengatakan, dengan adanya SK DPP PDIP, Ketua DPD PDIP Lampung Sjachroedin ZP pun bisa turun berkampanye. "Ini politik, berbagai cara boleh dilakukan. Manfaatkan keunggulan yang dimiliki Demokrat dan PDIP guna memenangkan calonnya," katanya.

Sementara itu, Eki Setyanto yang sebelumnya mendapat dukungan terbanyak pada Rakercabsus PDIP Lampung Selatan, mengaku siap menjadi wakil. Pertemanan Rycko dan Eki telah lama terjalin, bahkan keduanya sama-sama memimpin Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (Pengprov IMI) Lampung dan DPW Pemuda Pancasila.

Rycko adalah Ketua Pengprov IMI Lampung Rycko sedangkan Eki yang memiliki usaha Millenium Grup di Natar Lampung Selatan sebagai bendahara. Sejumlah pengurus IMI Lampung berharap mereka menyatu bukan bertarung untuk merebut posisi bupati/wakil bupati.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com