Salin Artikel

Petasan Meledak Saat Diracik, 2 Orang di Probolinggo Terluka Bakar

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Sebuah ledakan terjadi di teras rumah milik Joko (36) yang terletak di Dusun Kranggan RT 012 RW 004 Desa Palang Besi, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, pada Minggu (24/3/2024) sekitar pukul 18.30 WIB.

Ledakan itu terjadi akibat bubuk mesiu yang sedang diracik untuk petasan. Ledakan melukai dua warga yang sedang meracik petasan itu.

Kejadian itu heboh dan videonya viral di media sosial, terutama saat dua korban yang terluka parah akibat ledakan mesiu petasan dipangku kerabat.

Kasi Humas Polres Probolinggo Iptu Merdhania Pravita Shanty membenarkan adanya kejadian itu.

Pihaknya menerima laporan adanya orang tanpa hak menyimpan bahan peledak, yakni bubuk mesiu, yang kemudian meledak dan menyebabkan cedera pada dua orang.

Vita menjelaskan, kronologi kejadian bermula pada hari Sabtu (23/3/2024) sekitar pukul 23.30 WIB saat Joko yang juga seorang petani sedang meracik bubuk mesiu untuk petasan.

“Dalam proses ini, Muhammad Fahrizal, seorang pelajar kelas 1 SMP berusia 14 tahun, datang untuk melihat pembuatan petasan,” jelas Vita, Selasa (27/3/2024).

Pada pembuatan petasan yang ke-20, insiden yang tidak terduga terjadi. Petasan tersebut meledak.

Ledakan tersebut mengenai tangan Joko hingga menyebabkan patah pada bagian jari sebelah kiri dan luka bakar di sebagian tubuhnya. Selain itu, api dari ledakan juga mengenai tubuh Muhammad Fahrizal.

Kedua korban segera dilarikan ke Puskesmas Patalan dan kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Wonolangan, Dringu.

“Hasil koordinasi dengan dokter UGD menunjukkan bahwa luka bakar yang dialami oleh Joko mencapai sekitar 56 persen dari tubuhnya, dengan beberapa jari tangannya mengalami kehancuran. Sementara Muhammad Fahrizal mengalami luka bakar sekitar 63 persen dari tubuhnya,” ucap Vita.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/27/155549078/petasan-meledak-saat-diracik-2-orang-di-probolinggo-terluka-bakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke