Salin Artikel

Dampak Gempa M 6,0 dan M 6,5 Tuban, Ada Korban Luka dan Bangunan di Bawean Gresik Rusak

Dampak gempa turut dirasakan oleh warga di Kepulauan Bawean, Gresik. Sejumlah bangunan mengalami kerusakan dan ada warga yang terluka.

"Untuk Kecamatan Sangkapura, jendela SMAN 1 Sangkapura jatuh dan pecah, itu di Desa Sungairujing. Sedangkan di Desa Kotakusuma, keramik dinding SD Muhammadiyah terlepas," ujar Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Suyono, kepada awak media, Jumat (22/3/2024).

Selain itu, jelas Suyono, dampak gempa di Desa Dekatagung mengakibatkan tembok rumah milik Bapak Halimi dan Ibu Lio retak.

Sementara di Desa Lebak, Patarselamat, Daun, Pudakitbarat, Pudakittimur, Suwari dan Gunungteguh, dilaporkan tak ada kerusakan.

"Di Kecamatan Tambak, tembok rumah milik Bapak Musaffa yang berada di Desa Kelompanggubug retak. Di Desa Tambak sendiri, barang-barang yang ada di toko pada jatuh berserakan," ucap Suyono.

Sedangkan di Desa Telukjatidawang yang berada di Kecamatan Tambak, dampak gempa membuat tembok rumah milik Agus Salim retak, sementara sebagian tembok rumah Ruhana dan Masriati runtuh.

Dengan di Desa Kepuhlegundi, Kepuhteluk dan Pekalongan, belum ada laporan mengenai kerusakan yang diterima.

"Korban luka ada satu orang, ibu Hasi’ah berusia 71 tahun. Warga Desa Tambak, Kecamatan Tambak, mengalami luka ringan usai tertimpa genting. Sementara untuk korban jiwa, nihil," kata Suyono.

BPBD Gresik mengimbau, warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang dapat menyesatkan.

Warga juga diminta untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak, serta memeriksa bangunan dan memastikan kelayakan tempat tinggal masing-masing.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/22/162704378/dampak-gempa-m-60-dan-m-65-tuban-ada-korban-luka-dan-bangunan-di-bawean

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke