Salin Artikel

228 Rumah di Situbondo Terendam Banjir

SITUBONDO, KOMPAS.com - Sebanyak 228 rumah di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terendam banjir pada Minggu (17/3/2024) pukul 23.00 WIB. Banjir tersebut akibat dampak dari hujan lebat yang berlangsung lama.

Kepala Pelaksana BPBD Situbondo, Sruwi Hartanto menyatakan, banjir terjadi di dua tempat, yakni di Desa Kalimas, Kecamatan Besuki, dan kedua di Desa Lubawang, Kecamatan Banyuglugur.

"Untuk di Desa Lubawang ketinggian air tadi malam mencapai 50 sentimeter, dan di Desa Kalimas ketinggian air mencapai 100 sentimeter," kata Sruwi Hartanto, Senin (18/3/2024).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir yang terjadi di Kecamatan Banyuglugur dan Besuki.

Namun, ratusan rumah warga terendam air sampai dini hari.

"Banjir luapan air sungai itu akibat intensitas hujan yang tinggi namun kondisi terakhir pagi ini sudah mulai berangsur surut," katanya.

Menurutnya, hujan terjadi sejak pukul 17.00 WIB sampai pukul 22.30 WIB. Air mulai masuk ke rumah warga pukul 23.00 WIB. Para warga yang sedang tidur terbangun dan mencari ke tempat yang lebih aman.

"Posko siaga bencana hidrometeorologi mendapat laporan banjir tersebut jam sebelas malam," katanya.

BPBD Situbondo mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman potensi bencana angin kencang dan hujan lebat. Hal tersebuat karena Kabupaten Situbondo masuk wilayah yang terdeteksi cuaca ekstrem.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/18/100248278/228-rumah-di-situbondo-terendam-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke