Salin Artikel

Pelabuhan Jawa - Bali Ditutup saat Hari Raya Nyepi, Ini Jadwalnya

Dua layanan lintasan tersebut yakni penyeberangan ASDP Ketapang Banyuwangi - Gilimanuk Bali, Lembar Lombok - Padangbai Bali dan sebaliknya.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan penutupan dua lintasan tersebut, dalam rangka pelaksanaan Nyepi.

"Ini menindaklanjuti seruan bersama tentang pelaksanaan Nyepi tahun baru Caka 1946, yang ditandatangani pemuka agama dan tokoh masyarakat, yang tergabung dalam FKUB Provinsi Bali, Kementerian Agama, Korem, Polda, dan Gubernur Bali," kata Shelvy, Sabtu (9/3/2024).

Menurut Shelvy, penutupan tersebut untuk menghormati umat Hindu yang merayakan Nyepi. Di pulau Bali, mayoritas masyarakatnya beragama Hindu.

"ASDP akan menutup pelayanan operasional pelabuhan dan penyeberangan yang menjadi salah satu gerbang masuk dan keluar dari Pulau Bali,” ujar Shelvy.

Shelvy mengatakan, Pelabuhan ASDP Ketapang-Gilimanuk dan Padangbai-Lembar akan ditutup mulai Senin (11/3/2024) pukul 05.00 Wita hingga Selasa (12/3/2024) pukul 06.00 Wita.

Adapun layanan penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang ditutup pada Senin (11/3/2024) pukul 01.00 Wita dengan pelayanan terakhir kapal regular pada Minggu (10/3/2024) pukul 23.00 Wita.

"Untuk mengantisipasi pengguna jasa yang belum terangkut dari Pelabuhan Gilimanuk dilanjutkan oleh Kapal Posko atau Kapal Ekstra yang akan beroperasi sampai dengan pukul 05.00 Wita, selanjutnya pelabuhan akan ditutup pukul 05.00 Wita," ungkap Shelvy.

Sedangkan keberangkatan terakhir kapal dari Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar sebelum Nyepi, dimulai pada Senin (11/3/2024) pukul 03.30 Wita.

Sementara itu usai Hari Raya Nyepi, kapal pertama dari Pelabuhan Ketapang ke Pelabuhan Gilimanuk Bali, akan diberangkatkan pada Selasa (12/3/2024) pukul 05.00 WIB.

Sedangkan untuk keberangkatan pertama Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar, pada Selasa (12/3/2024) pukul 10.00 Wita.

"ASDP juga mengimbau seluruh pengguna jasa agar mengatur jadwal perjalanannya menyesuaikan dengan jadwal operasional pelabuhan," tutur Shelvy.

ASDP juga telah menginstruksikan kepada operator pelayaran, untuk mensosialisasikan penutupan sementara aktivitas penyeberangan kepada para pengguna jasa.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi, Syamsudin, meminta kepada para pengguna jasa untuk memperhatikan jadwal penyeberangan.

“Mengingat tidak adanya layanan selama 24 jam, kami harap pengguna jasa lebih memperhatikan kedatangannya ke pelabuhan," kata Syamsudin.

Syamsudin juga mengingatkan para pengguna jasa untuk mengecek kembali jadwal keberangkatan kapal dan segera melakukan pembelian tiket sejak jauh hari.

"Mengingat pembelian tiket saat ini dapat dilakukan sejak H-60,” ungkap Syamsudin.

Syamsudin juga mengimbau kepada pengguna jasa untuk memperhatikan jarak radius pembelian tiket penumpang yang akan menyeberang.

"Dari sisi terluar Pelabuhan Ketapang ke Terminal Sritanjung, sekitar 2,65 kilometer. Lalu dari sisi terluar Pelabuhan Gilimanuk ke Terminal Kargo sekitar 2 kilometer," tandas Syamsudin.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/09/192623678/pelabuhan-jawa-bali-ditutup-saat-hari-raya-nyepi-ini-jadwalnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke