Salin Artikel

3 Relawan Tersengat Tawon saat Evakuasi Sarangnya di Magetan

Ketua Relawan Gareng Ngawi, Broto Hartono mengatakan, relawan Gareng mendapat laporan dari pemilik rumah Anton di Desa Mangonharjo, Kecamatan Ngrambe, Sabtu dini hari.

"Laporannya jam 12 malam di mana pemilik rumah khawatir karena tawon ini sudah menyebar karena sarangnya pecah," ujarnya ditemui di Basecamp Gareng Minggu (3/3/2024).

Broto Hartono mengatakan, upaya evakuasi pun dilakukan dengan menggunakan semprotan solar untuk memberikan efek mabuk pada tawon.

"Kita amankan sarangnya dulu baru kita evakuasi tawonnya yang menyebar dengan semprotan solar, dan saat mabuk kita amankan. Sulitnya karena menyebar jadi butuh waktu," imbuhnya.

Sayangnya, upaya evakuasi mengalami kendala dengan macetnya alat semprot solar yang digunakan untuk melumpuhkan tawon.

Minimnya peralatan karena upaya evakuasi dilakukan dengan menggunakan jas hujan dan sarung tangan seadanya membuat 3 anggota relawan Gareng tersengat tawon vespa.

"Kalau warga tidak ada yang tersengat, tapi ada 3 relawan yang tersengat. Akhirnya kita minta obat ke puskesmas untuk mengantisipasi racun sengatan tawon vespa," ucapnya.

Karena tawon vespa sudah menyebar dibutuhkan waktu hingga 3 jam untuk membersihkan mereka.

"Cukup lama sampai jam 3 pagi upaya evakuasi karena menyebar kita harus pastikan tawon sudah terevakuasi semua," kata Broto Hartono.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/03/120350678/3-relawan-tersengat-tawon-saat-evakuasi-sarangnya-di-magetan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke