Salin Artikel

Ziarah Makam Pendiri Pencak Silat Setia Hati, Ganjar: Mbah Soero Miliki Peran Besar bagi Bangsa

MADIUN, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berziarah ke makam pendiri pencak silat Persaudaraan Setia Hati, Ki Ngabehi Soerodiwirjo, di Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (18/1/2024).

Menurut Ganjar, Mbah Soero merupakan salah satu tokoh di Indonesia yang memiliki peran besar bagi bangsa.

"Beliau adalah pendiri Persaudaraan Setia Hati yang sekarang menjadi perguruan pencak silat besar di Indonesia. Pengikutnya banyak dan prestasinya juga sudah banyak untuk bangsa ini," kata Ganjar.

Didampingi juru kunci dan para warga, Ganjar saat berada di hadapan makam berdoa kepada Allah SWT. Setelah itu, mantan Gubernur Jateng itu menaburkan bunga ke makam Mbah Soero dan istri yang ada di kompleks pemakaman Desa Winongo, Kecamatan Mangunharjo, Kota Madiun.

Ganjar menceritakan kala itu kekuarga Mbah Soero pernah datang ke rumahnya. Mereka lalu meminta agar ziarah ke makam Mbah Soero saat datang ke Madiun.

"Iya, jadi dulu keluarga Mbah Soero dan para pengikutnya pernah main ke rumah saya di Semarang. Jadi mereka menyampaikan kalau ke Madiun minta ziarah ke makam Mbah Soero. Hari ini saya ke Madiun dan menyempatkan ziarah," ucap Ganjar.

Ganjar mengatakan, Mbah Soero meninggalkan organisasi yang memberikan manfaat banyak untuk masyarakat dan bangsa.

Di makam itu, Ganjar memanjatkan doa bersama ratusan masyarakat yang antusias menyambutnya.

Rohman, salah satu warga, mengatakan, Mbah Soero merupakan tokoh yang sangat dihormati. Tak hanya oleh masyarakat sekitar, para pengikut Persaudaraan Setia Hati di seluruh Indonesia dan dunia semua menghormati Mbah Soero.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/19/062133878/ziarah-makam-pendiri-pencak-silat-setia-hati-ganjar-mbah-soero-miliki-peran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke