Salin Artikel

Pengamanan Laga Piala Dunia U-17, Kabareskrim Minta Polisi Pantau Suporter Bawa Bendera Israel dan Palestina

Hal-hal yang perlu diwaspadai seperti penyerangan, pelemparan terhadap wasit, pemain dan tim official.

"Termasuk spanduk yang dibawa supoter yang bersifat politik maupun dukungan terhadap salah satu negara yang berkonflik yakni Israel dan Palestina," katanya saat memimpin apel gelar pasukan di Lapangan Upacara Mapolda Jatim, Kamis (9/11/2023). 

Selain itu juga ancaman bom, bom bunuh diri hingga penyerangan terhadap aparat keamanan (TNI/Polri). 

"Personel pengamanan juga diminta untuk antisipasai adanya aksi kejahatan konvensional, kejahatan jalanan dan aksi premanisme dan aksi sabotase jalannya rangkaian Piala Dunia U-17," jelasnya.

Menurutnya, jumlah personel polisi yang dilibatkan dalam pengamanan Piala Dunia U-17 di 4 stadion mencapai lebih dari 13.000 dari 4 Polda yakni Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah dan Polda Jawa Timur. 

"Dari Mabes juga ada tambahan 469 personel karena sifatnya operasi ini operasi terpusat tapi dilaksanakan di 4 Polda. Kita juga membangun posko di Mabes Polri nanti," ujarnya.

Pelaksanaan pertandingan FIFA U-17 World Cup 2023 akan digelar di empat stadion.

Stadion-stadion itu adalah Jakarta Internasional Stadium (DKI Jakarta), stadion Si Jalak Harupat (Jabar), stadion Manahan (Jateng) dan Gelora Bung Tomo (Jatim).

Selain itu, ada beberapa lokasi lapangan yang akan digunakan sebagai tempat latihan.

Dia meminta semua personel dapat menjalankan tugas dengan baik tanpa menganggap remeh potensi bahaya sekecil apapun. 

"Kita semua akan menjadi bagian yang ikut dikenang oleh dunia, bahwa penyelenggaraan FIFA U-17 World Cup tahun 2023 yang diselenggarakan di Indonesia berjalan dengan lancar dan aman," tutupnya. 

FIFA U-17 World Cup alias Piala Dunia U17 tahun 2023 yang diselenggarakan di Indonesia akan diikuti 24 negara peserta.

Kanada, Meksiko, Panama, Amerika Serikat, Brasil, Argentina, Ekuador, Venezuela, Kaledonia Baru, Selandia Baru, Inggris, Perancis, Jerman, Polandia, Spanyol, Senegal, Maroko, Mali, Burkina Faso, Indonesia (tuan rumah), Uzbekistan, Iran, Korea Selatan dan Jepang akan bersaing.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/11/09/190350078/pengamanan-laga-piala-dunia-u-17-kabareskrim-minta-polisi-pantau-suporter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke