Salin Artikel

Insiden Hotel Yamato: Penyebab, Kronologi, Dampak, dan Tokoh

KOMPAS.com - Insiden Hotel Yamato yang disebut juga sebagai Peristiwa Tunjungan merupakan sebuah peristiwa sejarah yang terjadi di Surabaya pada 19 September 1945.

Peristiwa ini terjadi pada masa Revolusi Kemerdekaan atau setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dibacakan di tahun 1945. Saat itu, Sekutu dan Belanda kembali datang ke Indonesia dan mendarat di Surabaya.

Selain itu, insiden ini juga terkait dengan perang yang meletus di Surabaya pada 10 November 1945 yang dikenal sebagai Pertempuran Surabaya.

Seperti diketahui, pertempuran 10 November 1945 di Surabaya  dikenal sebagai  pertempuran paling menegangkan yang menunjukkan semangat patriotisme yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Penyebab Insiden Hotel Yamato

Insiden Hotel Yamato adalah tindakan heroik yang dipicu oleh kemarahan rakyat Surabaya atas tindakan provokatif yang dilakukan oleh pihak Belanda.

Saat itu, sekelompok orang Belanda yang dipimpin oleh Mr.W.V.Ch. Ploegman mengibarkan yang berwarna merah, putih, dan biru di tiang bendera Hotel Yamato, yang berada di Jalan Tunjungan 65, Surabaya.

Pengibaran bendera Belanda dilakukan tanpa adanya persetujuan dari Pemerintah Republik Indonesia di kota Surabaya.

Kronologi Insiden Hotel Yamato

Pasca Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dibacakan di tanggal 17 Agustus 1945, pemerintah Indonesia mengeluarkan maklumat mengenai penetapan pengibaran terus menerus bendera nasional Sang Saka Merah Putih di seluruh wilayah Indonesia.

Sesuai maklumat yang dikeluarkan pada tanggal 31 Agustus 1945 itu maka pengibaran bendera Merah Putih segera dilakukan di berbagai daerah, termasuk di Kota Surabaya.

Namun seiring masuknya pasukan Inggris dan Belanda ke Kota Surabaya, kondisi keamanan di wilayah ini semakin tidak kondusif.

Pada 18 September 1945, para Sekutu dan Belanda dari Allief Forces Netherlands East Indies (AFNEI) menjejakkan kakinya di Surabaya.

Mereka ditempatkan di Hotel Yamato,  yang dijadikan sebagai markas Rehabilitation of Allied Prisoners of War and Internees atau Bantuan Rehabilitasi untuk Tawanan Perang dan Interniran.

Hingga pada 19 September 1945, sekelompok orang Belanda yang dipimpin oleh Mr.W.V.Ch. Ploegman dengan sengaja mengibarkan yang berwarna merah, putih, dan biru di tiang bendera Hotel Yamato, Surabaya.

Tindakan provokatif tersebut kemudian membuat seorang perwakilan Indonesia yaitu Residen Soedirman mendatangi Hotel Yamato tempat mereka mengibarkan bendera tersebut.

Residen Soedirman berusaha untuk bisa bertemu dan berdiskusi dengan pimpinan sekutu yaitu Ploegman agar bendera tersebut dapat diturunkan agar tidak memicu terjadinya keributan.

Namun, diskusi yang tidak berjalan lancar karena Ploegman menolak untuk mengakui kedaulatan Indonesia dan menurunkan benderanya.

Ploegman bahkan mengeluarkan sebuah pistol yang membuat perkelahian antara kedua belah pihak tidak dapat dihindari.

Di tengah keributan tersebut, Ploegman meninggal dunia karena dicekik oleh pengawal Soedirman yaitu Sidik. Sayangnya, Sidik juga tewas di tangan tentara Belanda yang sedang bertugas saat itu.

Residen Soedirman beserta pengawalnya yang lain berhasil menghindari insiden tersebut dan segera keluar dari Hotel Yamato untuk mengamankan situasi.

Tidak disangka Hariyono yang awalnya bersama Soedirman masuk kembali ke dalam hotel bersama Kusno Wibowo yang langsung menuju ke atap Hotel Yamato.

Mereka melakukan aksi heroik dengan menurunkan dan merobek bendera Belanda yang berwarna merah, putih, biru dan dengan sengaja menyisakan bagian merah dan putih saja.

Insiden Hotel Yamato kemudian dikenal dengan tindakan heroik yaitu perobekan bendera Belanda yang berwarna merah-putih-biru menjadi bendera Indonesia yang berwarna merah-putih.

Dampak Insiden Hotel Yamato

Insiden Hotel Yamato disebut membuat kondisi keamanan di Surabaya semakin memanas.

Gesekan kecil yang terjadi lama-kelamaan berubah menjadi pertempuran yang memakan banyak korban.

Oleh beberapa pihak, Insiden Hotel Yamato disebut sebagai salah satu penyebab terjadinya Pertempuran Surabaya.

Tokoh Insiden Hotel Yamato

Dari rangkuman tersebut diketahui bahwa tokoh dalam Insiden Hotel Yamato dari pihak Indonesia adalah Residen Soedirman, Sidik, Hariyono, dan Kusno Wibowo.

Sementara tokoh dalam Insiden Hotel Yamato dari pihak Belanda adalah Mr.W.V.Ch. Ploegman.

Sumber:
https://www.gramedia.com  
https://adjar.grid.id  
kompas.com (Penulis : Dandy Bayu Bramasta, Editor : Rizal Setyo Nugroho)
https://www.kompas.com (Editor : Serafica Gischa)

https://surabaya.kompas.com/read/2023/09/03/222759778/insiden-hotel-yamato-penyebab-kronologi-dampak-dan-tokoh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke