Salin Artikel

Para Bacaleg Partai Golkar Diminta Hindari Kanibalisme Politik

TULUNGAGUNG,KOMPAS.com - Ratusan bakal calon legislatif dari Partai Golkar diingatkan agar menghindari kanibalisme politik di internal partai.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Partai Golkar Jawa Timur Sarmujuli juga menyampaikan agar seluruh kader bersatu untuk meraih suara sebanyak-banyaknya.

"Saya wanti-wanti betul supaya menghindari terjadinya kanibalisme internal partai. Yakni satu suara diperebutkan banyak caleg dari Partai Golkar," terang Ketua Dewan Pengurus Daerah Partai Golkar Jawa Timur Sarmuji di kegiatan pertemuan dan pelepasan calon legeslatif Partai Golkar, di salah satu gedung pertemuan Hotel di Tulungagung, Minggu (6/8/2023).

Pesan tersebut seringkali diucapkan Sarmuji di hadapan ratusan bakal calon legislatif dalam kegiatan Pertemuan dan Pelepasan Calon Legeslatif Partai Golkar Jawa Timur dari DPR RI Dapil VI, DPRD Provinsi Dapil VII dan VII serta DPRD Kota/Kabupaten Blitar, Kediri dan Tulungagung, Minggu.

Dijelaskan, persaingan antarcaleg nantinya akan kontraproduktif melalui strategi maupun cara pemenangan partai Golkar pada Pemilu 2024 mendatang.

"Jangan sampai, masing-masing caleg di internal ini bersaing tidak sehat,"terang Sarmuji.

Ditekankan, saling kerja sama dalam raihan suara di internal partai dinilai sangat penting. Mulai dari caleg DPR RI, DPRD Provinsi Jatim hingga caleg DPRD kabupaten/kota.

"Kita juga menginginkan ada komunikasi yang baik di antara caleg-caleg yang ada, mempunyai kesepahaman bahwa kita sedang mencari suara sebanyak-banyaknya untuk kemenangan Partai Golkar," ujar Sarmuji.

Ia mendukung penuh langkah yang sudah dilakukan maupun tengah dirintis oleh para caleg dalam membangun jaringan yakni melalui relawan hingga tingkat desa/kelurahan, karena itu dinilai akan berkontribusi terhadap perolehan suara Partai Golkar secara keseluruhan. 

"Silakan mengharap di wilayah masing-masing, silahkan membangun jaringan. Dengan demikian suara Partai Golkar akan sangat besar, akan berlipat ganda, seiring dengan kerja para caleg," terang Sarmuji.

Sarmuji sendiri, saat ini menjadi salah satu bacaleg Partai Golkar untuk posisi DPR RI nomor urut 1 di Dapil VI Jatim.

Ia akan dibantu sejumlah caleg "unggulan" yang dikenal memiliki basis logistik kuat maupun basis massa dengan elektabilitas cukup tinggi di Dapil VI Jatim. 

Beberapa caleg DPR RI Partai Golkar untuk Dapil VI Kabupaten/Kota Blitar dan Tulungagung yang berpotensi mendulang suara besar di antaranya adalah mantan Bupati Tulungagung periode 2004-2009 dan 2009-2014 Heru Tjahjono dan Harun Al Rasyid yang berlatar sebagai pengusaha.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/08/06/220500378/para-bacaleg-partai-golkar-diminta-hindari-kanibalisme-politik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke