Salin Artikel

Pemkot Blitar Temukan 4 Ekor Kambing dan Domba Belum Penuhi Syarat Kurban

Hasilnya, dari ratusan kambing dan domba yang dijajakan pedagang di tiga lokasi di Kota Blitar sebagai hewan kurban ditemukan setidaknya 4 ekor yang belum poel atau tanggal gigi susu satu pasang.

Dokter hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar Nararya Wijaya mengatakan bahwa tanggal gigi susu satu pasang merupakan salah satu syarat hewan untuk dijadikan hewan kurban.

"Tanggal gigi susu satu pasang atau poel ini biasanya terjadi pada hewan kurban terutama kambing dan domba yang berusia 2 tahun atau lebih," ujar Nararya disela pengecekan hewan kurban di Pasar Hewan Dimoro, Kota Blitar, Senin.

Dari hasil pengecekan, kata dia, pihaknya menemukan tiga ekor kambing dan domba di dua pedagang besar yang ada di Kelurahan Blitar dan Tlumpu yang belum poel.

Satu ekor kambing lagi, kata dia, ditemukan belum poel saat dijajakan sebagai hewan kurban di Pasar Hewan Dimoro.

Selain pengecekan tanggal gigi susu, lanjutnya, hewan kurban kambing dan domba dicek juga kondisi fisik dan kesehatannya secara umum.

"Hasil pengecekan kesehatan, semua sehat tidak ada kelainan atau penyakit," ujarnya.

Kata Agus, harga jual seekor kambing dan domba yang memenuhi syarat sebagai hewan kurban berkisar antara Rp 3,5 juta hingga Rp 4 juta per ekor.

"Harga masih hampir sama saja dengan pasaran harga tahun lalu. Tahun lalu paling mahal Rp 4 juta per ekor," kata Agus.

Kecuali kambing dan domba dengan kondisi fisik istimewa, kata dia, dapat terjual dengan harga lebih tinggi hingga Rp 5 juta per ekor.

Selain harga stagnan dibanding tahun lalu, Agus mengaku penjualan hewan kurban kambing dan domba kali ini tidak lebih tinggi dibanding tahun lalu.

Bahkan dia mengaku penjualan tahun ini cenderung turun.

"Iya ini herannya sudah tidak Covid kok malah turun. Tahun lalu hari penyembelihan kurban kurang 20 hari sudah banyak pesanan. Sekarang sudah kurang seminggu baru laku 25 ekor," ungkap Agus.*

https://surabaya.kompas.com/read/2023/06/26/145309978/pemkot-blitar-temukan-4-ekor-kambing-dan-domba-belum-penuhi-syarat-kurban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke