Salin Artikel

Tanam Mangrove di Trenggalek, Khofifah: Ayo Sedekah Oksigen

TRENGGALEK, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menanam mangrove di kawasan Pantai Cengkrong, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (27/5/2023).

Kegiatan yang digelar di kawasan lokasi wisata hutan mangrove Pantai Cengkrong itu dalam rangka "Festival Mangrove ke-4 Jawa Timur".

"Karena ini kawasan wisata hutan mangrove, maka lebih bagus kalau tanaman dan habitat semakin banyak," kata Khofifah seusai penanaman.

Khofifah bersama rombongan dan didampingi Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin tiba di lokasi sekitar pukul 13.00 WIB.

Setibanya di lokasi, rombongan langsung menuju kawasan hutan mangrove Pantai Cengkrong. Gubernur Jatim juga menyempatkan diri naik perahu, menyisir sungai yang dipenuhi tanaman mangrove.

Sejumlah satwa, yakni burung dan ikan dilepasliarkan di lokasi tersebut. Kemudian, dilanjutkan dengan penanaman mangrove di kawasan wisata tersebut.

"Kita memang secara rutin melakukan penanaman mangrove. Rasanya hampir di semua titik di mana hutan mangrove, kita sudah sempat menanam bersama banyak komunitas. Akhirnya kita putuskan untuk maksimalkan hilirisasi dari apa yang bisa kita bangun ketika ekosistem mangrove itu sudah terbentuk," terang Khofifah.

Khofifah menyebut, selain berdampak pada lingkungan, hutan mangrove itu juga berdampak pada perekomian.

"Pertama habitat yang terbangun ketika ekosistem hutan mangrove itu terbentuk. Kemudian hilirisasinya sisi ekonominya ternyata luar biasa. Maka kita kemudian melaksanakan festival mangrove," ujar Khofifah.

Khofifah mengatakan, ekologi di kawasan hutan mangrove itu sudah terbangun. Habitat berbagai jenis burung dan satwa lainnya di lokasi terus berkembang.

Sehingga, keberadaan hutan mangrove di Trenggalek ini diharapkan menjadi bagian dari kontribusi Jawa Timur untuk menyuplai oksigen Indonesia hingga dunia.

"Maka di setiap proses penanaman mangrove selalu saya menyampaikan ayo sedekah oksigen," ujar Khofifah.

Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin menjelaskan, setiap kali Gubernur Jawa Timur berkunjung ke Trenggalek, selalu melaksanakan penanaman.

"Setiap kunjungan, Ibu Gubernur di Trenggalek, beliau concern terhadap lingkungan hidup. Tidak hanya itu, tetapi juga ekonominya," ujar Mochammad Nur Arifin di lokasi penanaman di Pantai Cenkrong, Trenggalek.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/27/210731378/tanam-mangrove-di-trenggalek-khofifah-ayo-sedekah-oksigen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke