Salin Artikel

Erupsi Susulan, Gunung Semeru Kembali Luncurkan APG Sejauh 1,5 Kilometer

LUMAJANG, KOMPAS.com - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi susulan, Sabtu (13/5/2022) pukul 12.00 WIB.

Awan panas guguran (APG) kembali meluncur dari puncak Kawah Jonggring Saloko sejauh 1,5 kilometer ke arah tenggara atau Besuk Kobokan.

Rekaman seismograf, amplitudo maksimal yang terekam saat APG terjadi adalah 10 milimeter dengan durasi 110 detik.

"Informasi dari Pos pantau di Gunung Sawur, APG yang turun ber-amak (amplitudo maksimal) 10 mm berdurasi 110 detik dan  jarak luncurnya 110 detik," kata Kepala BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi di Lumajang.

Laporan periodik Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Semeru di Gunung Sawur mencatat, dalam enam jam terakhir terjadi dua kali APG dengan jarak luncur masing-masing 1,5 kilometer.

Letusan terjadi 26 kali dengan amplitudo 12-23 milimeter berdurasi 80-154 detik. Namun, yang terpantau hanya 7 letusan dengan ketinggian asap 200-600 meter mengarah ke barat.

Patria memastikan, tidak ada dampak yang ditimbulkan akibat APG tersebut.

"Jarak luncurnya 1,5 kilometer dan itu masih dalam radius aman. Karena batas radius aman kita lima kilometer," jelasnya.

Patria mengimbau, warga tidak beraktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak.

Selain itu, Patria juga meminta warga tidak beraktivitas dalam radius lima kilometer dari puncak.

Menurut Patria, sampai saat ini status Gunung Api Semeru masih tetap berada di level III (Siaga).

"Sekecil apapun imbauan maupun peringatan yang dikeluarkan PVMBG maupun petugas BPBD harap diperhatikan dengan bijak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," imbaunya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/05/13/154940378/erupsi-susulan-gunung-semeru-kembali-luncurkan-apg-sejauh-15-kilometer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke