Salin Artikel

Pemerintah Tanggung Biaya Rekontruksi Rumah Rusak akibat Ledakan di Blitar

Rekontruksi rumah penduduk menurut dia akan dilakukan setelah 14 hari masa tanggap darurat dan setelah dilakukan identifikasi.

"Dana rekontruksi bisa sharing dari Pemprov Jatim maupun Pemkab Blitar," kata Khofifah dalam keterangan resminya, Rabu (22/2/2023).

Menurut dia, payung hukum untuk memberikan intervensi rekontruksi rumah warga sudah dikeluarkan oleh Pemkab Blitar, yakni berupa Surat Keputusan (SK) tanggap darurat bencana sosial yang sudah dikeluarkan Selasa (21/2/2023) kemarin.

Data dari BPBD Provinsi Jatim sampai Selasa kemarin,  jumlah rumah rusak berat akibat ledakan petasan tercatat ada 2 unit, kemudian rusak sedang ada 11 unit, rusak ringan 18 unit serta satu masjid rusak ringan.

"Data tersebut bersifat dinamis dan bisa terus bertambah," jelas Khofifah.

Atas peristiwa tersebut, Khofifah menyampaikan rasa duka cita mendalam.

"Mudah-mudahan ini yang terakhir dan bisa menjadi pembelajaran berharga bagi seluruh masyarakat," terangnya.

Khofifah jhga mengajak semua elemen masyarakat agar menjaga suasana aman, nyaman dan kondusif.

"Mohon dijaga suasana aman, nyaman dan kondusif.  Mudah-mudahan kejadian ini merupakan kejadian  yang terakhir," katanya.

Ledakan

Ledakan kuat terjadi pada Minggu (19/2/2023) sekitar pukul 22.30 WIB di Dusun Tegalrejo alias Sadeng, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Lokasi ledakan berlokasi sekitar 20 kilometer dari Kota Blitar ke arah utara.

Sumber ledakan adalah rumah warga bernama Darman (65) yang kondisinya hancur rata dengan tanah akibat ledakan tersebut.

Pihak berwenang telah memastikan bahwa korban tewas sebanyak 4 orang yaitu Darman (65), Aripin, Widodo dan Wawa. Aripin dan Widodo adalah anak Darman sedangkan Wawa adalah keponakan Darman.

Menurut tim pencari dan penyelamat (SAR), di antara empat korban tewas hanya Darman yang jasadnya masih utuh. Sedangkan jasad tiga lainnya hancur dengan potongan-potongan anggota badan menyebar hingga jarak sekitar 150 meter dari pusat ledakan.

Selain korban tewas, setidaknya telah terdata 24 korban luka-luka yang rata-rata adalah warga yang tinggal di sekitar pusat ledakan.

Besarnya kekuatan ledakan juga mengakibatkan puluhan rumah warga hingga radius sekitar 500 meter yang mengalami kerusakan.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/22/182102778/pemerintah-tanggung-biaya-rekontruksi-rumah-rusak-akibat-ledakan-di-blitar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke